Starthub Connect Ajang Kolaborasi Startup, Pemerintah, dan Investor

Alpha Momentum Indonesia akan menggelar Starthub Connect. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perkembangan startup di Tanah Air cukup pesat. Namun ketatnya persaingan membuat tak banyak pelaku startup yang bertahan. Mungkin karena sebagian dari mereka masih berusia muda dan belum banyak pengalaman Untuk itu mereka butuh dukungan bisa berkolaborasi. Salah satu caranya adalah dengan ikut serta dalam kesempatan tatap muka dan berdiskusi langsung dengan pelaku di dalam ekosistem startup.

Melihat besarnya kebutuhan akan kesempatan tersebut, iCIO Community yang berisi perkumpulan Chief Information Officer (CIO) dan eksekutif di bidang teknologi informasi dan komunikasi akan menggelar ajang bernama Starthub Connect pada 13 September 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Tangerang.

Ajang ini digagas oleh Alpha Momentum Indonesia (AMI), perusahaan modal ventura. “Kami berkomitmen berbagi pengetahuan dan pengalaman yang kami harapkan bisa menjadi inspirasi dan panduan bagi para enterprenur muda,” ungkap Danny Natalies Koordinator Divisi Komunikasi iCIO Community dalam keterangannya, Senin (20/8/2018) di Jakarta.

Menurut dia, Starthub Connect juga merupakan forum investasi dan pendanaan untuk mempromosikan semangat kewirausahaan dan mentoring bagi para startup. Disebutkan bahwa iCIO Community akan membawa keahlian dan pengalaman lebih dari 200 anggotanya yang memiliki latar belakang berbagai industri yang dapat membantu para startup mengembangkan ide-ide dan prototipe bisnisnya menjadi bisnis melalui program-program mentorship.

Baca juga :   Iman Usman : Si Anomali Yang Mampu Buat Solusi

Starthub Connect merupakan forum investasi dan pendanaan yang fokus pada upaya untuk mempromosikan semangat kewirausahaan dan mentoring prototipe ide-ide startup untuk pengembangan lebih lanjut. Event ini akan mempertemukan para inovator pemula, early-stage startup, pemerintah, investor hingga para ahli di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Mengusung tema “Your StartUp Gateway to be Enterprise Ready”, Starthub Connect bertujuan untuk menyediakan sebuah forum yang terstruktur bagi para startup untuk mempresentasikan bisnis mereka dan mendapatkan akses sumber pendanaan yang tepat, mentoring, dan ekosistem agar bisa tumbuh dan berkembang ke skala yang lebih besar, bahkan setaraf enterprise.

Adapun agenda dalam acara ini di antaranya seminar untuk sharing knowledge dari para ahli terkait bisnis dan teknologi pendukung, lalu speed dating di mana para startup dapat menunjukkan kompetensi masing-masing kepada calon investor, dan pameran dari 100 startup yang bergerak di berbagai sektor industri.

Rachmat Gunawan selaku Chief Executive Officer AMI pun menuturkan bahwa AMI memiliki misi untuk mendorong semangat kewirausahaan di Indonesia melalui inkubasi, networking, edukasi, mentoring, dan memfasilitasi startup dengan berbagai sumber pendanaan. AMI sebagai perusahaan modal ventura tidak hanya akan memberikan funding support, tetapi juga pengalaman dan keahlian yang sangat dibutuhkan para startup dalam mengembangkan bisnisnya.

Baca juga :   Starthub Connect 2018 Kembangkan Komunitas dan Ekosistem Digital di Indonesia

Sudah lebih dari 100 startup dari bidang agriculture technology, artificial intelligence, construction management, customer relations management, data management, distribution, e-commerce, education, fintech, healthcare, IoT, transportation akan berpartisipasi di StartHub Connect. “Kami berharap StartHub Connect bisa membantu para startup mengatasi salah satu masalah terbesar mereka yakni akses kepada permodalan. Dengan demikian kita bersama bisa memfasilitasi berkembangnya berbagai inovasi yang menghadirkan berbagai solusi bagi banyak persoalan efisiensi dan masalah kehidupan sehari-hari dan bisnis di Tanah Air yang sedemikian banyak,” ujar Fajar Hutomo, Deputi Permodalan Berkraf.

Hingga saat ini AMI sudah membina 6 startup dan di acara StartHub Connect nanti AMI berencana akan memberikan pendanaan pada startup pilihan dengan estimasi pendanaan awal sekitar 200 juta hingga 300 juta sesuai dengan bisnis yang mereka jalani.

STEVY WIDIA