Startup Edutech Cakap Terima Suntikan Dana US$3 Juta

Tim Cakap. (Foto: istimewa)

youngster.id - Startup edutech pembelajaran bahasa Cakap berhasil mengumpulkan pendanaan US$3 Juta dalam putaran Seri A+. Pengumpulan pendanaan ini menjadi penutup tahun yang solid bagi Cakap, yang berhasil mencetak keuntungan di tengah keadaan ekonomi sulit imbas dari pandemi Covid-19.

Tommy Yunus, Co-Founder dan CEO Cakap mengatakan, kunci kesuksesan selama pandemi ini adalah mengerti lansekap Indonesia untuk menciptakan solusi edukasi yang akurat dan dapat menyelesaikan problem sebenarnya di target market, di mana akses untuk pendidikan berkualitas tinggi tidak hanya diperlukan oleh murid-murid di kota besar, tapi juga di seluruh kepulauan Indonesia, termasuk kota-kota tingkat tiga dan daerah terpencil.

“Kami sangat bersemangat menjadi bagian dari transformasi pembelajaran digital di Indonesia, membantu mendemokratisasi akses ke pendidikan berkualitas dan di jangka panjang, meningkatkan derajat hidup orang-orang,” ujar Tommy dalam keterangannya, Rabu (30/12/2020).

Dia mengungkapkan, dalam situasi ini, solusi dari Cakap telah menjadi jembatan dalam menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (Face to Face) alternatif dan mengakibatkan meningkatnya pertumbuhan jumlah siswa Cakap hingga 10 kali lipat sejak awal tahun ini, dan meningkat 30 kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Dalam situasi COVID-19, Cakap telah menjalin mega kemitraan dengan Telkomsel dan dipercaya oleh beberapa instansi pemerintah seperti: unit organisasi non eselon di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika BAKTI dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memberikan pelatihan bahasa Inggris daring bagi praktisi perhotelan dan UMKM yang terdampak oleh penurunan ekonomi.

Cakap juga menggagas beberapa program bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk Komunitas perhotelan, serta berkolaborasi dengan Telkomsel dan Kemendikbud untuk membantu siswa yang belajar dari rumah.

Startup Edutech ini tengah mengembangkan dua produk utama; untuk pasar anak-anak dengan Cakap For Kids, sebuah produk pembelajaran bahasa Inggris online dan interaksi langsung untuk anak-anak berusia 4-12 tahun, sebagai solusi bagi orang tua yang tidak dapat membawa anak-anak mereka ke pusat pendidikan offline selama protokol adaptasi kebiasaan baru.

Putaran pendanaan ini dipimpin oleh Heritas Venture Fund, dan juga partisipasi dari Strategic Year Holdings dan beberapa investor terkemuka lainnya. Para investor sebelumnya seperti Investidea Ventures dan Prasetia Dwidharma juga turut berpartisipasi dalam putaran ini.

Cakap bermaksud menggunakan dana segar Seri A+ tersebut untuk merekrut lebih banyak pemikir-pemikir untuk bergabung, pengembangan teknologi canggih, dan ekspansi bisnis ke seluruh Indonesia dan kawasan, seiring pengembangan ke arah K-12 dan pasar keterampilan vokasi.

Fokus lainnya adalah memperdalam Cakap Upskill, sebuah pelatihan secara online dengan interaksi dua arah untuk topik pembelajaran yang luas, seperti marketing dan mata pelajaran terkait ilmu informatika.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version