‘Startup Heroes” 2020, Bootcamp Untuk Pengembangan Startup

Pembukaan Boothcamp Startup Hero, Sabtu (25/7/2020) di Hall Breeze BSS City, Tangsel. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Belakangan, ekosistem startup semakin tumbuh berkembang dan banyak diisi oleh kaum milenial maupun gen Z. Menangkap fenomena tersebut, Sinar Mas Land bekerja sama dengan Nakama menyelenggarakan Startup Heroes sebagai bootcamp yang terdiri atas rangkaian program training dan one-on-one mentoring.

Irawan Harahap, Project Leader Digital Hub dari Sinar Mas Land menjelaskan, Sinar Mas Land melalui Digital Hub mendukung talenta muda dan komunitas digital terus berkembang meskipun di tengah pandemi Covid-19.

“Seperti kita ketahui, kehadiran teknologi makin diperlukan karena banyak kegiatan dilakukan secara online. Program ini juga merupakan wujud keseriusan kami untuk terus untuk memperkaya ekosistem Digital Hub dan mengembangkan integrated smart digital creative city di BSD City,” ujar Irawan kepada youngster.id saat ditemui di Hall Breeze BSS City, Tangsel Sabtu (25/7/2020).

Untuk mempercepat perwujudan visi tersebut, BSD City akan dipersiapkan menjadi digital talent pool dengan bermarkasnya sekolah-sekolah digital bertaraf nasional dan internasional.

Digital Hub sebagai sebuah wadah komunitas digital pun telah menarik perhatian pelaku industri teknologi, baik di pasar domestik maupun internasional. Ketertarikan pelaku industri untuk berkantor dan berkarya di Digital Hub didorong kelengkapan fasilitas bersama seperti interactive meeting room, mesin 3D printing, gaming room, VR room, segway yang dapat dimanfaatkan oleh setiap tenant. Kelengkapan sarana dan prasarana Digital Hub yang dipersiapkan oleh Sinar Mas Land merupakan bentuk keseriusan perusahaan untuk membangun integrated smart digital city yang mampu berkontribusi bagi kehidupan masyarakat dan perekonomian negara.

“Harapannya, vokasi school yang singkat ini bisa mencetak talenta-talenta baru yang nantinya siap dibutuhkan oleh industri khususnya dibidang teknologi. Jadi kami merasa cukup bangga ya, bahwa komunitas ini sudah berjalan di sampai masuk tahun kelima dan terus berkelanjutan,” pungkas Irawan Harahap.

Inisiator program itu ialah Temmy, Iga Alma, Thomas Ardi, dan Hendri Chen dari Nakama. Mereka mengumpulkan modal dari para investor lokal, kemudian menjalankan program pendidikan dan mentoring untuk sejumlah startup. Sebanyak 30 mentor profesional akan mengawal proses pelatihan lebih dari 1.000 peserta dari 500 start-up secara online. Acara ini didukung oleh Amazon Web Services (AWS), Intel, Techinasia, Kejora Venture dan Dailysocial.

Temmy menuturkan, Sinar Mas Land sebagai salah satu pendukung acara ‘Start-up Heroes secara aktif turut berkontribusi terhadap perkembangan dunia digital di Indonesia. Keseriusan Sinar Mas Land dalam menopang perkembangan teknologi digital diwujudkan dalam pembentukan Digital Hub di kawasan seluas 26 hektare. Kawasan tersebut didedikasikan khusus sebagai pusat riset dan pendidikan bagi startup hingga multinational companies yang bergerak di bidang digital serta teknologi.

“Bootcamp ini akan memberikan kesempatan kepada setiap peserta startup untuk mendapatkan one-on-one monitoring dengan para mentor sesuai dengan bidang start-up yang dibangun. Untuk itu, Nakama akan mewadahi, membina, dan mempertemukan startup unggulan dengan investor,” jelas Temmy.

Total terdapat 44 peserta terpilih yang ikut serta di acara Start-up Heroes yang berlangsung di atrium semi-outdoor The Breeze BSD City. Keterbukaan acara ini tampak dari peserta yang hadir dari beragam bidang di antaranya properti, pariwisata, F&B dan UMKM, dari usia remaja hingga hingga 60 tahun.

Program bootcamp pertama yang diadakan di masa pandemi Covid-19 sehingga acara ini berlangsung sesuai protokol kesehatan Covid-19 dimana peserta dan mentor tetap nyaman dalam pertemuan tatap muka. Acara tatap muka ini terbatas untuk para founder terpilih saja dan peserta lain dapat mengikutinya secara online melalui aplikasi Zoom.

Pada puncak kegiatan, startup siap dipertemukan kepada investor dalam acara gala dinner yang akan berlangsung pada bulan Oktober yang akan datang. Sebanyak 30 mentor profesional akan mengawal proses pelatihan lebih dari 1.000 peserta dari 500 start-up secara online.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version