Startup Ini Tawarkan Layanan Pembelian Tiket Acara atau Venue Secara Online

Maimilu merupakan platform pembelian tiket acara atau venue secara online (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Memasukkan unsur teknologi ke dalam bisnis hiburan dapat mempercepat proses bisnis hingga memberikan nilai tambah ke dalam perusahaan. Ini yang dilakukan startup Maimilu.

Maimilu dikembangkan Komang Wiswakarma tahun 2015. Startup ini fokus memberi layanan pembelian tiket acara atau venue dengan menggunakan platform online. “Sejauh ini, Maimilu telah menjadi rujukan beberapa acara dan venue di Indonesia,” klaim Komang, yang bertindak sebagai CEO Maimilu.

Sejatinya, Maimilu bukanlah satu-satunya platform yang menyediakan layanan pembelian tiket acara atau venue. Sebelumnya sudah ada Eventbrite, yang telah menawarkan layanan serupa sejak tahun 2006.

Menurut Komang, untuk menyiasati persaingan pihaknya sudah menyiapkan berbagai fitur ampuh dan unik dalam platform Maimilu.

“Untuk menjadikan Maimilu sebagai platform terbaik dalam pelayanan platform tiket digital, kami sudah menyiapkan berbagai macam fitur dan layanan tambahan. Di antaranya adalah Manajemen Tiket Acara yang terdiri dari kumpulan layanan unggulan kami untuk berbagai jenis acara,” ungkap Komang.

Dijelaskan Komang, Manajemen Tiket Acara ini terdiri atas Online Ticket Sales, Digital Marketing, Digital Press Release, Secure Gate Entry (pengecekan keaslian tiket pada event gate), Reporting & Analytics serta RFID & Barcode Embedded Wristbands.

Selain itu, konsep model bisnis dari Maimilu pun tergolong cukup sederhana, yaitu dari per penjualan tiket acara. Konsep ini menjadi menarik karena penyelenggara acara tidak dibebankan biaya apapun kecuali acara yang digarap penuh oleh Maimilu dengan menggunakan paket Manajemen Tiket Acara.

Ditambah berbagai keuntungan yang didapat oleh penyelenggara acara membuat platform ini semakin menarik. Penyelenggara acara tidak hanya dimanjakan dengan penjualan tiket yang mudah, namun juga ditambah dengan analisa serta promosi acara.

Lagi, Fitur Digital Marketing pun diklaim akan menjadi salah satu fitur ampuh untuk Penyelenggara Acara dalam mempromosikan acara mereka.

“Kami menyadari aspek pemasaran acara menjadi aspek yang sangat penting untuk setiap penyelenggara acara dalam penjualan tiket mereka. Oleh karena itu, kami menyiapkan peliputan acara serta menyiapkan review terkait acara tersebut dan kami rilis ke beberapa aplikasi partner kami,” ujar Komang.

Menurut Komang, Maimilu mempunyai visi untuk semakin mempermudah segala kebutuhan penyelenggaraan acara. Oleh karena itu, saat ini fitur-fitur baru sedang dikembangkan untuk semakin menyederhanakan alur dalam proses penyelenggaraan acara. Di tengah-tengah geliat pertumbuhan berbagai macam acara di Indonesia, Maimilu menjadi salah satu platform alternatif dengan konsep yang unik dan komprehensif untuk penyelenggara acara dalam melakukan manajemen acara.

“Maimilu dapat menjadi platform yang mumpuni untuk pengunjung acara dalam pembelian tiket acara favorit mereka,” pungkasnya.

 

FAHRUL ANWAR