Startup Jangan Buru-Buru Cari Untung

Wilson pada acara East Ventures - Digital Competitiveness Index 2020. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Meski pertumbuhan perusahaan rintisan Tanah Air sangat pesat, namun dinilai belum tumbuh optimal. Karena itu dibutuhkan strategi untuk bisa meningkatkan skala bisnis.

Untuk itu Co-founder sekaligus Managing Partner East Ventures Willson Cuaca menyarankan startup untuk tidak terburu-buru mencari untung.

“Secara teknik kami pikir belum waktunya cari untung karena startup Indonesia itu masih kecil,” kata Wilson saat ditemui pada acara East Ventures – Digital Competitiveness Index 2020 di Jakarta.

Menurut dia, promosi masih perlu dilakukan startup. “Bakar uang tidak apa-apa,” ujar Wilson. Menurut dia, strategi itu bisa membantu perusahaan rintisan meningkatkan skala bisnisnya.

Menurut dia ada beberapa sektor startup yang mencatatkan kinerja positif yaitu pendidikan (edtech) dan teknologi finansial (fintech). Bahkan, startup di kedua sektor ini diprediksi bakal menjadi unicorn baru Indonesia. Selain itu, beberapa startup mulai mengincar profit.

Bisnis digital, jelasnya, membutuhkan calon pengguna dengan kecepatan adopsi paling tinggi.

“Ekonomi digital menjanjikan inklusivitas, pemerataan peluang ekonomi bagi seluruh penduduk Indonesia. Akan tetapi, Indonesia seringkali hanya dilihat dari perkembangan area tertentu saja seperti Jakarta. Padahal, masih banyak daerah lain dari Sabang hingga Merauke yang masih belum mengecap manfaat dari ekonomi digital tersebut. Dengan melibatkan mereka ke dalam perekonomian digital, Indonesia bisa mengubah bonus demografi menjadi dividen demografi. Mengubah potensi menjadi realisasi,” jelas Wilson.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version