Startup Kalikan dan KKP Gelar Kontes Internasional Ikan Hias Air Tawar

Ikah hias Indonesia

Ikan pelangi Kurumoi (melanotaenia parva) dari Danau Kurumoi, Semenanjung Doberai, Papua. (Foto: istimewa)

youngster.id - Nilai permintaan ikan hias dunia meningkat dari US$315,12 juta pada 2017 menjadi US$366,61 juta di tahun 2021. Indonesia saat ini menempati posisi lima eksportir ikan hias dunia dengan nilai ekspor US$34,5 juta pada tahun 2021 di mana sebagian besar disumbang oleh ikan hias air tawar.

Hal ini mendorong startup Kalikan bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar KALIKAN EXPO 2022. Ini adalah kontes ikan hias air tawar skala internasional.

Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik Doni Ismanto menjelaskan, ikan hias air tawar merupakan primadona di pasar internasional. Berdasarkan data, perdagangan ikan hias di pasar internasional 79% adalah jenis ikan hias air tawar.

“Uang yang berputar di ikan hias air tawar itu sangat tinggi. Karena itulah Pak Menteri Sakti Wahyu Trenggono punya perhatian yang besar pada perkembangan ikan hias air tawar. Kalikan Expo merupakan kerjasama bersama KKP dengan startup Kalikan dalam membantu pelaku ikan hias air tawar yang umumnya kebanyakan UMKM, untuk bisa meningkatkan daya saing produknya dan membuka akses pasar untuk teman-teman UMKM go global,” ungkap Doni dalam keterangan pers, Selasa (11//10/2022).

KALIKAN EXPO 2022 akan digelar pada 14-16 Oktober 2022 di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran Jakarta. Acara ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak lagi produk ikan hias air tawar yang dihasilkan para pelaku usaha kecil mikro menengah (UMKM) di Indonesia, untuk bisa menembus pasar global.

Chief Operating Officer (COO) Kalikan Ardani Yusuf Prawira mengatakan, kontes ikan hias air tawar memperebutkan Piala Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut diikuti peserta dari dalam dan luar negeri. Seperti Malaysia, Singapura dan Thailand. Ikan hias air tawar yang dilombakan di antaranya chana, gold fish, lohan, dan siklid.

“Selain kontes, Kalikan Expo juga akan ada pameran, serta dialog tentang pemberdayaan UMKM, akan banyak pembicaranya. Yang dibicarakan nantinya tentang industri ini, upaya peningkatan kualitas dan daya saing, hingga regulasi. Jadi ini banyak sekali keuntungan yang didapat temen-temen UMKM, baik dari sisi manajemen bisnis, tentang ikannya, tentang pakan dan sebagainya,” ungkap Ardani.

Kerja sama KKP dengan Kalikan juga sebagai sarana sosialisasi maupun edukasi pentingnya menjamin ketelusuran ikan hias yang dihasilkan.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version