youngster.id - Gelaran even kuliner Festival Jajanan Bango (FJB) kembali akan digelar pada 6 – 7 Mei 2017 di ICE BSD, Tangerang. Kali ini pihak Kecap Bango akan mengajak para pelaku kuliner Nusantara dari generasi muda untuk meramaikan even kuliner tahunan yang kali ini didukung Badan Eonomi Kreatif (Bekraf).
“Dengan adanya even kuliner seperti ini, diharapkan dapat semakin memajukan industri kuliner di Indonesia,” ujar Triawan Munaf, Kepala Bekraf.
Menurut Hernie Raharja, Foods Director PT Unilever Indonesia Tbk, pihaknya berupaya melestarikan masakan Nusantara dengan cara mencari wajah baru di dunia kuliner. Diawali dengan pencarian 40 start up kuliner. Pencarian ini sudah dilakukan tanggal 7 dan 8 Februari 2017 di berbagai wilayah Indonesia.
Para start-up ini sudah menjalani proses penjurian yang dilakukan oleh tiga pakar di bidang kuliner dan wirausaha, yaitu Arie Parikesit (Pengamat Kuliner), Chef Degan Septoadji (Kepala Badan Ekonomi Kreatif), dan Harjono Sukarno (Direktur PBMT Ventura).
“Setelah proses penjurian, terpilih 20 finalis yang berhak untuk melanjutkan ke tahap pemilihan berikutnya,” jelas Hernie.
Menurut Hernie, dari 20 finalis yang telah terpilih ini, pihaknya menggelar voting secara nasional di beberapa platform digital Bango, yaitu situs www.bango.co.id dan facebook Bango Warisan Kuliner. Para pecinta kuliner dapat langsung memilih startup favorit mereka sehingga akhirnya akan terpilih 10 startup favorit yang kemudian akan dihadirkan dalam perhelatan FJB 2017 di ICE BSD, Tangerang, pada 6 – 7 Mei.
“Selanjutnya, jumlah startup kuliner itu akan mengerucut menjadi 20 peserta, kemudian menjadi 10 start up kuliner terbaik,” jelas Hernie.
Beberapa startup kuliner yang siap berkompetisi di ajang FJB 2017, seperti: Sate Maranggi Tukang Masak, Sate Klatak Mas Tanto, Bakso Boedjangan, Tapong Minis, Sate Klopo Mbak Nayla, Rumah Makan Legoh, Nasi Kebuli Mbah Soleh, Pindang Agan Rumah Makan Beta Ruma, Klapertaart Online dan masih banyak lagi.
HENNI T. SOELAEMAN
Discussion about this post