Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Startup Lokal Harus Terapkan Tiga Pendekatan Bisnis Ini Untuk Jadi Juara

2 November 2020
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Telkom Gandeng Everynet Untuk Perluas Infrastruktur Jaringan IoT

Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Startup adalah bisnis yang menjadi impian anak muda. Namun kurangnya pengalaman bisnis kerap menjadi kendala startup bisa berkembang. Untuk itu, Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business PT Telkom berbagi strategi untuk mendorong startup lokal menjadi pemenang di negeri sendiri.

Fajrin mengatakan, startup lokal harus menerapkan tiga pendekatan bisnis, tiga pola pikir mendasar, serta berfokus ke pelanggan.  “Tiga pendekatan bisnis tersebut adalah diferensiasi atau fokus konten lokal, integrasi offline dan online, serta sinergi dengan perusahaan lokal. Ini penting karena nilai ekonomi digital Indonesia tahun 2019 sudah mencapai US$40 miliar dan akan menjadi US$133 miliar di tahun 2025,” ungkap Fajrin dalam keterangannya Sabtu (31/10/2010).

Fajrin menekankan, startup lokal bisa menghadirkan strategi konten lokal eksklusif. Misalnya film/seri lokal, jenis musik lokal, animasi, permainan bercita rasa lokal, dan semacamnya.

“Memang OTT asing pun menghadirkan konten lokal. Namun, mestinya OTT lokal dapat membangun pengetahuan, kerjasama, dan kapabilitas sehingga mampu menghadirkan konten lokal ini dengan lebih baik,” katanya.

Baca juga :   Individu Pembuat Inovasi Perlu Dikelola

Selain itu, strategi integrasi offline online menjadi potensi besar karena startup luar belum tentu bisa menghadirkan presensi secara luring secara kontinyu, sehingga peluang ini bisa dioptimalkan sekaligus menjadi pembeda. Sementara strategi sinergi dengan sesama perusahaan lokal diarahkan ke yang memiliki ukuran besar. Baik dari sisi jumlah pelanggan, penetrasi pasar, infrastruktur, dan lainnya namun belum memiliki penetrasi digital yang kuat.

“Dalam hal ini, startup lokal dapat menjadi mitra digital bagi perusahaan lokal tersebut. Hal ini tentu saja perlu dipersiapkan dengan matang sehingga menghasilkan kerja sama yang bersifat win-win,” tambahnya.

Mantan Presiden Bukalapak mengungkapkan, strategi ini harus dibangun dari tiga perubahan pola pikir.  Pertama,  learning/growth mindset yakni perubahan era digital yang berlangsung dengan cepat mengharuskan kita menguasai skill yang sesuai era tersebut.

“Skill teknis yang kita pelajari 10 tahun lalu bisa jadi kurang relevan dengan kebutuhan saat ini, sehingga kita harus terbuka untuk mau terus belajar agar tidak tergilas kemajuan zaman,” katanya.

Baca juga :   OttoCash Mendapat Lisensi e-Money Bank Indonesia

Kedua, collaborative mindset yakni kemampuan dan kemauan untuk dapat berkolaborasi di dalam tim maupun dengan tim lain bahkan organisasi lain, terlebih sebuah startup tidak mungkin menguasai seluruh bidang keahlian.

Ketiga, proses yakni adaptasi prosuder yang sesuai tren digital.  Percuma kita menerapkan teknologi canggih dan menyiapkan SDM yang andal apabila tidak didukung prosedur yang sesuai. Sebagai contoh, teknologi digital signature dapat berjalan efektif apabila SOP di dalam organisasi tidak mengharuskan penerapan tanda tangan basah di dalam dokumen resmi perusahaan.

“Terakhir adalah berfokus pelanggan. Ini berarti melihat sesuatu dari sudut pandang mereka atau mencoba duduk dari posisi mereka. Startup, terutama yang akan mendaftar Indigo, harus memahami siapa pelanggan mereka, berapa usianya, bagaimana keseharian dan lingkungan mereka,” tambahnya.

Baca juga :   ICN Pilih 9 Startup Binaan Baru

Arahan tersebut diberikan terkait proses pendaftaran Indigo Creative Nation Bath 2 Tahun 2020 pada 1 Oktober sampai 13 November nanti.  Program  inkubator dan akselerator startup pertama milik BUMN di Indonesia ini mulai diluncurkan tahun 2013 lalu.

Program Indigo menawarkan beberapa fasilitas bagi startup yang diinkubasi, antara lain pendanaan hingga Rp 2 miliar. Juga,  mentoring dari para ahli dan peluang akses pasar kepada pelanggan Telkom Group baik pelanggan Indihome, Telkomsel, maupun pelanggan korporasi serta UMKM.

Program Batch 2 tersebut mengkhususkan enam kategori startup yang bisa berpartisipasi mendaftar yakni agrikultur, pendidikan, keuangan, kesehatan, logistik, serta travel dan turisme.

“Kuncinya pada akhirnya adalah startup mampu menghadirkan layanan yang dapat memberikan pengalaman pengguna paling tepat, paling sesuai kebutuhan. Mudah-mudahan lebih banyak lagi startup lokal yang tumbuh pesat di Indonesia ke depannya,” pungkas Fajrin.

 

STEVY WIDIA

Tags: ekonomi digital IndonesiaFajrin RasyidIndigo Creative Nation (ICN)Indigo Creative Nation batch 2 2020startup lokal
Previous Post

Satu Tahun Erick Thohir Menteri BUMN Inovasi Pengelolaan Talenta Karyawan Menjadi Keharusan untuk Keberlangsungan BUMN

Next Post

Kunjungan Ke E-Commerce Menurun di Kuartal II 2020

Related Posts

Influencer marketing
News

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia, impact.com Jadi Anggota MMA Global-Indonesia

18 Juli 2024
0
Alibaba Cloud
Headline

Dukung Ekonomi Digital Indonesia, Alibaba Cloud Hadirkan Solusi dan Inisiatif untuk Startup

20 Juni 2023
0
Google For Indonesia ke-4: Tingkatkan Keterampilan Digital
Headline

Ekonomi Digital Indonesia Diproyeksi Capai US$77 Miliar Akhir Tahun 2022

9 November 2022
0
Load More
Next Post
e-commerce

Kunjungan Ke E-Commerce Menurun di Kuartal II 2020

grabfood

Pendapatan Grab Pulih Berkat Layanan Pesan-Antar Makanan

Pelaku UKM Banyak Manfaatkan Instagram Buat Berbisnis

Dukung Kreator Konten, Durasi Instagram Live Diperpanjang

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version