Startup Solusi E-Commerce Sirclo Tutup Putaran Pendanaan Seri B

ki-ka Sirclo CPO Leontinus Adhika Pradhana, CEO Sirclo Brian Marshall, CTO Sirclo Muliadi Jeo dan Yuni Sucipto President of ICUBE. (Foto: istimewa)

youngster.id - Startup solusi e-commerce Sirclo mengumumkan penutupan pendanaan Seri B dengan perolehan US$ 6 juta atau sekitar Rp 88 miliar. Investor yang berpartisipasi yakni East Ventures, OCBC NISP Ventura, Skystar Capital, Sinar Mas Land, dan lainnya.

Pendiri sekaligus CEO Sirclo Brian Marshal menyampaikan, dana segar itu akan digunakan untuk memperkuat infrastruktur internal.

“Melalui pendanaan ini, kami terus meningkatkan kapabilitas dan jangkauan agar bisa membantu semakin banyak brand di Indonesia,” kata Brian dalam siaran pers, Jumat (28/8/2020).

Perusahaan rintisan itu baru saja membuka pusat fulfilment. Infrastruktur ini memungkinkan Sirclo Store menyediakan platform terintegrasi untuk semua kanal penjualan seperti brand.com, marketplace, dan chat commerce.

Selain itu, Sirclo menyediakan layanan untuk membantu para pemegang merek (brand) berjualan online. Ada empat solusi bisnis yang disediakan yakni Sirclo Store, Sirclo Connexi, Sirclo Chat, dan Sirclo Commerce. Sirclo Store merupakan platform Software as a Service (SaaS) untuk membuat situs toko online berbasis template bagi bisnis lokal skala kecil hingga menengah. Sedangkan Sirclo Commerce memfasilitasi seluruh proses penjualan online, mulai dari pengaturan stok, proses pemesanan, pengiriman produk sampai layanan konsumen.

“Dengan perolehan ini, kami dapat terus stabil dalam mengakomodasi pelaku bisnis, yang semakin banyak memasuki e-commerce,” kata Brian. Dia juga optimistis bahwa transaksi belanja online akan terus meningkat ke depan.

Berdasarkan laporan Sirclo Insights 2020, diperkirakan ada 12 juta pengguna e-commerce baru selama pandemi Covid-19. Sebanyak 40% di antaranya mengaku akan terus mengandalkan platform jualan online bahkan setelah pandemi berakhir.

“Sirclo berada pada waktu dan posisi yang tepat dalam masa pandemi ini,” Co-Founder sekaligus Managing Partner di East Ventures Willson Cuaca. Ia optimistis, Sirclo dapat membantu akselerasi transformasi digital di Tanah Air.

Managing Director OCBC NISP Ventura Darryl Ratulangi menambahkan, perusahaan berinvestasi di Sirclo untuk mendukung digitalisasi bisnis di Indonesia. Dia optimistis Sirclo mampu mendukung para pebisnis membuat situs website serta mengelola berbagai platform marketplace dan aspek logistik.

“Kami percaya ini merupakan dorongan yang dibutuhkan oleh pelaku usaha untuk memasuki ranah e-commerce,” ujar dia.

Pada Mei lalu, Sirclo juga melakukan merger dengan agensi penyedia teknologi dan solusi e-commerce Icube. Aksi korporasi ini memungkinkan keduanya menggabungkan ribuan klien, sekaligus menyatukan kekuatan. Pasca-merger, Founder sekaligus President Icube Muliadi Jeo mengemban posisi Chief Technology Officer (CTO) Sirclo.
STEVY WIDIA

Exit mobile version