Startup Topremit Luncurkan Layanan Baru Pengiriman Dana untuk Jaringan Bank SWIFT

Topremit

Startup Topremit Luncurkan Layanan Baru Pengiriman Dana untuk Jaringan Bank SWIFT (Foto: Istimewa)

youngster.id - Startup penyedia layanan remitansi berbasis teknologi Topremit meluncurkan layanan pengiriman dana dalam jaringan bank yang tergabung di SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunications).

Mayoritas bank-bank nasional di Indonesia telah tergabung dalam sistem internasional ini, dan memiliki kode SWIFT masing-masing. SWIFT beroperasi sebagai jaringan komunikasi yang digunakan oleh lembaga keuangan di berbagai negara untuk saling bertukar informasi dengan cepat, akurat, dan aman.

Misalnya, ketika nasabah dari bank tertentu mengajukan permintaan transfer dana, sistem SWIFT akan melakukan proses autentikasi untuk memastikan keabsahan data bank penerima. Setelah informasi tersebut terbukti akurat, barulah proses transfer dana dapat berjalan.

Hermanto, CEO dan juga Co-founder Topremit mengatakan, Topremit mengembangkan layanan SWIFT ini untuk menawarkan kecepatan, efisiensi biaya, dan keandalan bagi para pelaku bisnis, terutama yang sering bertransaksi ke dan dari luar negeri

“Topremit merupakan penyedia layanan keuangan yang sangat berorientasi pada pelanggan. Misi utama kami adalah memberdayakan para pelanggan dengan berbagai layanan yang dibutuhkan agar dapat menyelesaikan transaksi internasional dengan mudah. Karena itulah, kami mengembangkan layanan SWIFT ini,” kata Hermanto, Selasa (15/8/2023).

Dibandingkan dengan metode konvensional yang mungkin memerlukan beberapa hari agar uang sampai di rekening penerima, Topremit memungkinkan transfer dana dalam hitungan satu hari saja agar bisnis dapat terus bergerak tanpa adanya penundaan yang tidak perlu.

Selain itu, dengan tarif flat yang kompetitif dan transparan, yaitu hanya Rp75.000 ditambah biaya koresponden bank sebesar Rp330.000, transaksi internasional menjadi lebih terjangkau dari sebelumnya.

“Untuk menjamin keamanan pengguna, Topremit memiliki  jaminan uang kembali jika transaksi gagal karena kesalahan teknis sehingga tidak perlu khawatir mengenai keamanan dana yang dikirimkan,” tambahnya.

Per tahun 2022, SWIFT sendiri mencatatkan rekor transaksi baru, dimana terdapat 44,8 juta pertukaran pesan komunikasi per harinya. Angka ini meningkat 6,6% dibandingkan periode yang sama di tahun 2021. Tren positif ini juga menunjukkan bahwa sistem SWIFT semakin diandalkan untuk menyelesaikan transaksi global dari ratusan juta pelanggan.

Topremit didirikan oleh Hermanto (CEO) dan Henry Wirawan (CMO). Topremit merupakan penyedia layanan remitansi online internasional pertama dari Indonesia. Untuk menjawab tuntutan pasar akan layanan remitansi mudah dan mobile, Topremit meluncurkan aplikasi seluler di platform iOS dan Android.

Topremit menawarkan layanan remitansi online yang aman, cepat, dan 87% lebih terjangkau (dibandingkan biaya remitansi konvensional) pada platform web, iOS, dan Android ke lebih dari 60 negara di Asia, Australia, Inggris, dan Eropa.

“Ke depannya akan ada banyak layanan baru yang serupa untuk memudahkan pebisnis mengirimkan pembayaran mereka ke berbagai negara yang ada di dunia,’’ tutup Hermanto.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version