Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Strategi Perusahaan Korea Menggarap Potensi Pasar Industri Kosmetik Indonesia

27 Januari 2023
in News
Reading Time: 2 mins read
produk kecantikan

Populix: Merek Kosmetik Lokal Makin Digemari Konsumen Indonesia (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Industri kecantikan di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Ada peningkatan dan pertumbuhan minat pasar akan produk kecantikan lokal di Indonesia.

Berdasarkan data dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dalam lima tahun kebelakang tercatat 387.872 produk yang terdaftar pada kategori kosmetika di Indonesia hingga Januari 2023.

Potensi pasar tersebut menjadi peluang yang ingin dimaksimalkan oleh manufaktur kosmetik asal Korea Selatan Cosmax. Strategi yang dilakukannya adalah berinovasi dalam melokalisasi potensi kosmetik lokal, salah satunya dengan pemanfaatan tanaman lokal khas Indonesia.

Langkah tersebut sudah mulai dilakukan Cosmax Indonesia, dengan melakukan kolaborasi bersama universitas terkemuka di Indonesia yang memiliki keunggulan di bidang yang berbeda. Antara lain dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam bidang Farmasi, Institut Pertanian Bandung (IPB) dalam bidang Pertanian, dan Universitas Prasetiya Mulya dalam bidang Riset untuk membentuk rangkaian kerjasama integrasi secara end to end.

Terobosan baru dalam inovasi pengembangan produk kosmetik dengan menggunakan tanaman asli khas Indonesia terus dilakukan. Cosmax Indonesia bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk melakukan kultivasi dan pemanfaatan tanaman khas Indonesia untuk dijadikan sebagai bahan baku kosmetik dengan mendirikan Smart Green Farm sebagai sarana penelitian budidaya tanamannya.

Baca juga :   Kemenristek dan Inotek Bangunkan 1.000 Teknopreneur

Kemudian dengan Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB), bekerjasama untuk melakukan rangkaian penelitian terhadap efektifitas bahan kosmetik tanaman khas Indonesia yaitu dengan melakukan tes prototipe hingga uji klinis. Lalu tanaman yang sudah teruji efektifitasnya, akan dikembangkan menjadi bahan baku kosmetik khas Indonesia yang nantinya dapat dipasarkan secara global ke beberapa negara melalui Cosmax Network.

Selama proses perkembangan tersebut, perusahaan juga bekerjasama dengan Universitas Prasetiya Mulya untuk menganalisa dan mempelajari karakteristik industri kosmetik lokal di Indonesia yaitu dengan melakukan riset terhadap perilaku konsumen terutama dalam penggunaan produk kecantikan – merek lokal di Indonesia.

Cheong Min-Kyoung, Presiden Direktur Cosmax Indonesia mengatakan, pihaknya meyakini kerja sama ini akan memberikan dampak positif terutama untuk perkembangan industri kosmetika lokal kedepannya. Hal itu juga didukung dengan kemampuan setiap universitas di Indonesia, sehingga dapat memberikan kemajuan akan terobosan inovasi kosmetik terbaharukan di Indonesia.

Baca juga :   COSMAX Bekali Afiliator Kecantikan Agar Jadi Influencer Cerdas

“Cosmax Group memiliki pusat R&I terkemuka yang mampu meneliti dan mengembangkan bahan baku dan formulasi kosmetik. Berbekal kemampuan yang kami miliki, kami ingin memperluas pemahaman mengenai karakteristik industri kosmetik lokal di Indonesia. Hal ini sebagai bentuk kontribusi Cosmax Indonesia untuk memajukan industri kosmetik Indonesia menuju advance melalui inovasi dan lokalisasi,” ujar Cheong, dalam keterangannya, Kamis (26/1/2023).

 

HENNI S.

Tags: Cosmax Indonesiaindustri kosmetiklokalisasi kosmetik lokal
Previous Post

Ekspansi ke Timor Leste, Edtech Cakap Gandeng Telkomcel

Next Post

Space Roastery Kenalkan Kopi Khas Nusantara Di Ajang World Economic Forum 2023

Related Posts

Cosmax x Kadence
News

Kolaborasi Cosmax Indonesia dan Kadence Kembangkan Produk Kosmetik Sesuai Kebutuhan Konsumen

24 September 2025
0
produk Cosmax
News

Cosmax Indonesia dan UI Jalin Kerja Sama untuk Kosmetik Masa Depan

17 September 2025
0
COSMAX - June Fair 2025
News

Pacu Brand Kecantikan Indonesia Mendunia, COSMAX Gelar June Fair 2025

19 Juni 2025
0
Load More
Next Post
Space Roastery

Space Roastery Kenalkan Kopi Khas Nusantara Di Ajang World Economic Forum 2023

iQOO x BMW M Motorsport

Smartphone ini Kolaborasi dengan BMW M Motorsport

Shopee 3.3 Grand Fashion Sale

Tren Perilaku Belanja Konsumen: Bisnis Perlu Beradaptasi dalam Ekosistem Digital

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version