Sumsel Canangkan Kuliah Gratis

Program kuliah gratis diterapkan di Sumsel (foto: Ilustrasi)

YOUNGSTER.id - Setiap daerah memiliki kebijakan unggulan di bidang pendidikan. Di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Gubernur Sumsel Alex Noerdin mencanangkan kuliah gratis.

Realisasi program kuliah gratis sudah dilaksanakan di tiga perguruan tinggi negeri (PTN). Ketiganya adalah Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah dan Politeknik Unsri.

“Ke depannya, program kuliah gratis ini juga akan dirasakan di 60 program studi perguruan tinggi swasta di Sumsel,” ungkap Alex dalam keterangan resmi, akhir pekan lalu.

Tidak hanya menggelontorkan program kuliah gratis, Alex juga berjanji akan memberikan beasiswa sampai hingga jenjang S-3 bagi mahasiswa berprestasi. “Kami akan carikan dana, bila perlu pakai APBD. Siapa yang terbaik bisa dapat beasiswa S-3 ke luar negeri,” katanya.

Alex berharap kualitas dan kuantitas perguruan tinggi swasta (PTS) ditingkatkan, baik dari aspek sarana prasarana, dosen hingga perekrutan calon mahasiswanya. Dengan begitu, akan makin banyak PTS berpartisipasi dalam program kuliah gratis tersebut.

Selain kesiapan fasilitas yang memadai serta tenaga pendidik yang berkompeten, PTS yang ingin menggelar kuliah gratis juga wajib memiliki 60 program studi yang perlu dikembangkan di Sumsel.

“Dengan harapan semua warga Sumsel dapat memiliki pendidikan yang baik, berkualitas dan siap bersaing,” kata ketua Umum KONI Sumsel tersebut.

 

STEVY WIDIA