Tabungan Haji Danamon Syariah Meningkat

Direksi PT Bank Danamon dan Danamon Syariah meluncurkan produk Tabungan Haji. (Foto: dok.youngster.id)

youngster.id - Menuaikan ibadah Haji salah satu syarat dalam rukun Islam dan salah satu ibadah wajib bagi umat muslim yang harus dilakukan jika mampu. Salah satu kendala yang dihadapi masyarakat adalah masalah kesiapan finansial yang belum menjadi prioritas. Masyarakat perlu informasi untuk mulai merencanakan tabungan haji, tanpa mengesampingkan prioritas lainnya dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Sampai dengan bulan Januari 2019, tercatat ada lebih dari 4 juta calon jamaah haji dari Indonesia dengan masa tunggu yang beragam. Jumlah peserta haji di Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan total populasi sekitar 260 juta jiwa, dimana 87% diantaranya adalah muslim.

“Kami melihat inisiatif edukasi perencanaan tabungan haji sejak dini mulai membuahkan hasil yang positif. Hal ini harapannya dapat terus ditingkatkan untuk mendukung perkembangan perbankan syariah Bank Danamon maupun secara lebih luas di tingkat nasional. Masyarakat Indonesia khususnya muslim di Indonesia perlu terus mendapatkan informasi bahwa mereka dapat mulai merencanakan tabungan haji, tanpa mengesampingkan prioritas lainnya dalam kehidupan mereka sehari-hari,” kata Herry Hykmanto, Direktur Syariah PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) dalam acara silaturahmi bersama nasabah Tabungan Haji Danamon Syariah dan jurnalis Jumat (8/2/2019) di Jakarta.

Baca juga :   ITB Juara Kompetisi ISEEC 2017

Melanjutkan perkenalan kepada publik di kuartal terakhir tahun 2018 lalu, Tabungan Haji yang diluncurkan Bank Danamon mulai menunjukkan tren yang positif dalam membantu melayani kebutuhan nasabah, khususnya untuk menunaikan ibadah Haji. Tercatat per 31 Januari 2019, total Tabungan Haji Bank Danamon mencapai lebih dari 1.700 rekening, yang terdiri dari Rekening Tabungan Jemaah Haji (RTJH) dan Tabungan Rencana Haji (TRH).

“Tingkat pemahaman atau literasi dalam hal keuangan di tengah-tengah masyarakat tentu harus dilakukan secara berkesinambungan dan konsisten untuk memperkuat penetrasi jasa layanan keuangan di Indonesia. Bank Danamon menyadari hal ini dan terus mendukung upaya pemerintah melalui kegiatan-kegiatan edukasi maupun apresiasi kepada publik,” lanjut Herry.

Dalam kesempatan yang sama, Bank Danamon mengumumkan sekaligus menyampaikan secara resmi apresiasi kepada nasabah Danamon Syariah yang telah ikut dalam program Tabungan Haji, baik untuk daftar haji melalui Rekening Tabungan Jemaah Haji (RTJH) maupun untuk merencanakan Haji melalui Tabungan Rencana Haji (TRH).

Nasabah yang menerima apresiasi daftar haji gratis tersebut yaitu Codrat Dwi Nugroho (Ibu Dwi), wanita kelahiran 22 Maret 1966 ini adalah seorang Ibu Rumah Tangga yang hobi memasak untuk anak-anaknya. Ibu Dwi juga dikenal aktif mengingatkan ibu-ibu disekitarnya untuk mulai menabung mempersiapkan kebutuhan masa depan, termasuk untuk persiapan ibadah. Beliau sebelumnya telah aktif menggunakan produk-produk Danamon Syariah untuk persiapan ibadah, diantaranya Tabungan BISA Qurban iB dan Tabungan BISA Umrah iB. Ketika mendapatkan informasi mengenai produk baru Tabungan Rencana Haji Danamon Syariah, Ibu Dwi langsung membuka rekening untuk mempersiapkan dana pendaftaran haji.

Baca juga :   Exabytes Indonesia Beri Domain Gratis Bagi 5.000 UKM

Selanjutnya, Muhamad Hadi Santoso, pria berusia 44 tahun ini berprofesi sebagai polisi dan aktif menjadi nasabah Tabungan Haji Danamon Syariah usai membuka rekening Tabungan Rencana Haji pada Desember 2018 lalu. “Dalam hidup saya banyak melakukan kesalahan, tapi Allah begitu sayang hingga saya menerima hadiah nikmat yang tidak pernah putus. Tahun lalu saya berkesempatan berangkat umrah dan awal tahun ini saya mendapat kesempatan daftar haji gratis dari Danamon Syariah,” kata Muhamad.

Acara hari ini adalah kelanjutan kegiatan literasi keuangan yang digelar Bank Danamon beberapa waktu lalu, yang menghadirkan Herry Hykmanto selaku Direktur Syariah Bank Danamon serta pakar perencanaan keuangan Prita Ghozie. Para narasumber menekankan bahwa pergi haji menjadi salah satu tujuan keuangan yang penting bagi umat Muslim. Oleh sebab itu, perencanaan harus dilakukan dengan baik dan dapat dimulai sejak seseorang memiliki penghasilan. Salah satu cara terbaik adalah menyisihkan penghasilan secara berkala agar tidak terasa berat. Pilihannya dapat menggunakan produk perbankan seperti Tabungan Haji.

Baca juga :   LG Dan VW Kembangkan Platform Elektronik Mobil

FAHRUL ANWAR