Taiwan Siap Dukung Pembangunan Smart City di Indonesia

Jakarta Smart City Lounge (Foto : Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Di era kemajuan teknologi, Smart City telah menjadi tren global di seluruh dunia termasuk Indonesia. Bahkan pemerintah telah mulai menggalakan pembangunan 100 Smart City, yang dimulai dari Jakarta dan diharapkan rampung pada tahun 2019.

Meski demikian, masih ada hambatan dalam pengembangan Smart City di Indonesia. “Salah satu hambatan dalam pengembangan Smart City di Indonesia adalah keterbatasan dalam sektor teknologi. Sehingga Indonesia masih harus mengimpor teknologi dari negara lainnya,” kata Suhono Supangkat selaku Founder of Smart City & Community Innovation Center melalui keterangannya baru-baru ini di Jakarta.

Melihat potensi tersebut, Taiwan yang menempati peringkat 8 sebagai kota terpintar di Asia, berkomitmen untuk mendukung pengembangan kota pintar di Indonesia.

“Taiwan siap berbagi pengalaman, pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya dalam mengembangkan Smart City di Indonesia. Ini dilakukan sebagai salah satu mitra dagang terbesar Taiwan di Asia,” ungkap Macy Chen, Manager Taiwan Trade Center Jakarta.

Brand ternama asal Taiwan, Acer menghadirkan salah satu solusi iklan digital yakni Acer Being Signage (abSignage). Solusi ini menampilkan konten informasi atau periklanan melalui LED display dengan sistem trackable. Ini mampu mengkalkulasi data audiens yang menyaksikan konten tersebut dan tersimpan dalam cloud-based storage.

Baca juga :   Menkominfo Siapkan Regulasi MOCN

“Melalui serangkaian solusi Smart City seperti Smart Lighting, Smart Meter, Smart Bin, Smart Environment dan Smart Signage yang dimiliki. Acer saat ini tengah menjalin komunikasi dengan beberapa pengembang kawasan perumahan untuk membangun Smart City dari tatanan yang lebih kecil, dengan menyediakan kebutuhan infrastrukturnya,” jelas Didit Haryanto selaku Product Marketing Manager PT Acer Indonesia.

Tak hanya Acer, brand-brand teknologi asal Taiwan lainnya seperti, Advantech dan Edimax juga berbagi pengalaman mengenai serangkaian produk teknologi cerdas berbasis Internet of Things (IOT) yang terintegrasi ke transportasi, rumah, medis, konstruksi, kampus dan keamanan.

 

STEVY WIIDIA