Tanoto Foundation dan Pusat Riset Pendidikan BRIN Dukung Pengembangan Pemimpin Masa Depan

pemimpin masa depan

Tanoto Foundation dan Pusat Riset Pendidikan BRIN Dukung Pengembangan Pemimpin Masa Depan (Foto: Ilustrasi/Youngster.id)

youngster.id - style="background: white; margin: 12.0pt 0cm 12.0pt 0cm;">Tanoto Foundation bekerja sama dengan Pusat Riset Pendidikan Badan Inovasi dan Riset Nasional (BRIN) mendukung penelitian pendidikan dan pengembangan pemimpin masa depan di Indonesia melalui program TELADAN Collaborative Research Initiative 2022.

Program ini adalah pembiayaan penelitian bagi mahasiswa S3, peneliti di perguruan tinggi, serta akademisi yang bertujuan untuk menghasilkan produk pengetahuan, pemantapan pemikiran terkini, dan rekomendasi kebijakan dalam topik-topik terkait ekosistem pendidikan tinggi serta pengembangan talenta dan pemimpin masa depan di Indonesia.

Untuk mengikuti program ini, para calon peserta dapat mengirimkan proposal penelitian dan peserta dengan proposal yang terpilih akan mendapatkan dana hibah penelitian.

“Peneliti dari Pusat Riset Pendidikan BRIN juga akan bekerja sama dengan tim peneliti terpilih sesuai kepakarannya. Selain bekerja sama untuk penelitian, harapannya praktik baik penelitian dan publikasi dapat disebarluaskan untuk memperkuat dunia penelitian pendidikan di Indonesia,” kata Kepala Pusat Riset Pendidikan BRIN, Dr. Trina Fizanty, Jumat (9/9/2022).

Sementara itu, Aryanti Savitri, Head of Leadership Development and Scholarship Tanoto Foundation menjelaskan, TELADAN merupakan singkatan dari Transformasi Edukasi untuk Melahirkan Pemimpin Masa Depan. TELADAN merupakan salah satu inisiatif Tanoto Foundation dalam membangun talenta unggul dan pemimpin masa depan.

“Melalui kerja sama riset ini, kami ingin berkontribusi dalam penguatan ekosistem Pendidikan tinggi dalam mengembangkan talenta dan pemimpin masa depan Indonesia” ucap Aryanti.

Dengan tema “Mengembangkan Talenta dan Pemimpin Masa Depan untuk Indonesia Unggul 2045 melalui Pendidikan”, calon peserta dapat memilih satu dari empat topik fokus di bawah ini, yaitu:

1.    kebijakan pendidikan tinggi dalam mengembangkan talenta dan pemimpin masa depan;
2.    peran pendidikan tinggi dalam mengembangkan pendidikan karakter, gender, inklusif, masyarakat, dan inovasi sosial dalam pendidikan dengan lensa budaya;
3.    penguatan konektivitas antara pendidikan tinggi dan industri dalam mengembangkan talenta dan pemimpin masa depan;
4.    model dan grand design ekosistem, kurikulum, pembelajaran, dan evaluasi pada pendidikan tinggi untuk mengembangkan talenta dan pemimpin masa depan;

 

HENNI SOELAEMAN

Exit mobile version