youngster.id - Layanan berbasis digital dipercaya akan dapat meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan. Bahkan implementasi digitalisasi menjadi solusi yang meminmalisir terjadinya fraud.
Berangkat dari itu, PT Taspen (Persero) menggandeng PT Telkom Indonesia Tbk. (Persero) guna mengembangkan dan mengimplementasikan digitalisasi bagi pelayanan pembayaran pensiun bagi aparatur sipil negara.
Direktur Utana Taspen Iqbal Latanro mengatakan, kerja sama pengembangan dan implementasi digitalisasi diharapkan dapat menjadi solusi terbaik dalam pengendalian pembayaran pensiun.
“Sesuai dengan prinsip 5T salah satunya yaitu Prinsip Tepat Orang sebagai bentuk proof of life atau pembuktian penerima pensiun masih hidup. Tentu hal ini memudahkan dalam proses monitoring dan rekonsiliasi serta meminimalisir terjadinya fraud,” kata Iqbal Latanro dalam keterangan resmi, Selasa (17/10/2017).
Iqbal menjelaskan pengembangan dan implementasi digitalisasi tersebut dilakukan melalui penerapan Taspen Smartcard dan pengembangan sistem e-New Dapem. Taspen Smartcard berfungsi sebagai Kartu Identitas Pensiun yang berbasis data biometric dan juga berfungsi sebagai Kartu ATM dan Debit.
Taspen Smartcard, sambung dia, juga dikembangkan sebagai kartu yang memiliki manfaat tambahan dimana peserta pensiun dapat menikmati potongan harga di beberapa merchants. “Adanya kartu multifungsi ini diharapkan mampu meningkatkan kepuasan peserta,” ujar Iqbal.
Sementara itu Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan mengapresiasi kepercayaan Taspen kepada TelkomGroup sebagai penyedia layanan digitalisasi guna mendukung peningkatan kualitas pelayanan terhadap para pensiunan.
“Sebagai BUMN yang memiliki core competence di bidang Information and Communication Technology (ICT), TelkomGroup siap mendukung digital revolution Taspen dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Diharapkan para pensiunan dapat menikmati kemudahan proses pembayaran yang terintegrasi,” ucap Dian menegaskan.
Dalam kerja sama ini, TelkomGroup menyediakan layanan Information & Communication Technology (ICT) terintegrasi untuk mendukung penerapan Taspen Smartcard dan e-New Dapem tersebut meliputi digitalisasi proses improvement, digital culture transformation, customer experience, dan sebagainya. Telkom juga menyediakan peralatan pendukung pendaftaran peserta (enrollment) seperti kamera, laptop, dan scanner perekam wajah, sidik jari dan suara untuk otentifikasi data, termasuk status hidup pensiunan.
Selain itu, TelkomGroup juga menyiapkan solusi digital berupa aplikasi web-based dan network agar data bisa diakses secara real time dari kantor-kantor cabang Taspen dan mitra-mitra bayar Taspen; data center untuk keperluan pengelolaan database, sistem payment switching, sistem otentifikasi dan verifikasi, helpdesk & contact center, serta sistem pendukung Taspen Smartcard.
STEVY WIDIA
Discussion about this post