Teknologi Camcorder Genggam Ini Dukung Tren Live Streaming

Panasonic HC-X2 Camcorder

Filmmaker Todd Moen menggunakan Panasonic HC-X2 Camcorder. (Foto: istimewa)

youngster.id - Perkembangan teknologi media selalu menawarkan berbagai inovasi baru bagi para penggunanya. Salah satu yang sedang tren adalah fitur live streaming , sebagai evolusi yang mengarah pada “go live”. Penyebaran konten/informasi yang dilakukan secara “live” mengutamakan unsur kecepatan penyampaian informasi, dan real time.

Melihat hal ini, Panasonic meluncurkan camcorder 4K HC-X2 dan HC-X20. Produk camcorder genggam ini merupakan langkah LUMIX untuk terus berevolusi mengikuti perkembangan teknologi dan berupaya memenuhi keinginan konsumen saat ini melalui berbagai inovasi teknologi bermutu tinggi.

Head of AV Product Marketing PT Panasonic Gobel Indonesia Agung Ariefiandi mengatakan, perilisan Camcorder HC-X2 dan HC-X20 merupakan langkah LUMIX untuk terus berevolusi mengikuti perkembangan teknologi dan berupaya memenuhi keinginan konsumen saat ini melalui berbagai inovasi teknologi bermutu tinggi.

“Kami ingin pengguna setia LUMIX merasakan kenyaman dan kemudahan yang dihadirkan dari kecanggihan fitur-fitur Camcorder HC-X2 dan HC-X20. Camcorder ini sangat cocok digunakan pada acara gathering dan kegiatan streaming yang tengah tren saat ini,” kata Agung dalam keterangannya, Selasa (1/11/2022).

Agung menjelaskan, HC-X2/X20 menawarkan performa optik yang optimal, dengan berbagai fitur seperti zoom optik 20x, sudut lebar 24,5mm untuk UHD dan FHD, AF presisi tinggi 4K dengan deteksi wajah baru dan presisi yang lebih tinggi, 5-Axis HYBRID O.I.S.+, LCD kecerahan tinggi, dan masih banyak lagi.

Untuk perekaman video, camcorder mendukung perekaman video internal 4:2:2 10-bit 4K 30p/25p dan codec HEVC dengan efisiensi tinggi terbaru. Camcorder ini juga dilengkapi dengan berbagai format perekaman untuk pilihan terbaik termasuk gerakan super lambat sampai dengan 120/100 fps FHD dan VFR 4K (2 hingga 60 fps) yang memungkinkan jangkauan luas pada ekspresi video.

Selain itu, terdapat berbagai fitur seperti tampilan simultan pada monitor LCD dan EVF, Triple Manual Rings, terminal input audio XLR 2-Channel, filter ND, slot kartu SD ganda, pengambilan gambar unlimited, Wi-Fi, dan banyak lagi untuk memenuhi berbagai kebutuhan di bidang produksi video profesional.

“Untuk model kelas atas, HC-X2 dilengkapi dengan Mode Gamma HLG dan V-log 13-stop untuk digunakan dalam produksi konten video HDR 4K, yang diperkirakan akan menjadi tren di masa mendatang. HC-X2 juga mendukung koneksi langsung ke terminal Ethernet dan output SDI/ HDMI simultan dan dilengkapi dengan kemampuan live streaming HD dan mendukung berbagai protokol streaming,” ungkap Agung.

Hal yang lain, aplikasi tablet/smartphone HC-ROP memungkinkan remote control nirkabel, termasuk pengaturan kamera dan kontrol lensa. Pada seri HC-X2, terdapat Ethernet untuk live streaming yang lebih stabil, dan HC-X20 juga dapat dihubungkan ke LAN berkabel dengan menggunakan adaptor Ethernet USB (yang dijual terpisah).

Streaming FHD yang kompatibel dengan RTSP/RTP/RTMP/RTMPS memungkinkan koneksi langsung dan live streaming konser, acara olahraga, berita terbaru, dan lain-lain langsung ke platform seperti Facebook dan YouTube  juga memungkinkan untuk merekam saat streaming.

“Camcorder ini mendukung aktivitas streaming yang dapat digunakan untuk membangun alur kerja profesional,” pungkas Agung.

 

STEVY WIDIA

 

Exit mobile version