youngster.id - PT Tele Utama Nusantara (TUN) meluncurkan layanan bernama solusi berbasis teknologi (Sobate) Teleshop. Layanan ini merupakan platform berbasis Android yang menyasar mitra dari kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
CEO PT Tele Utama Nusantara Slamet Riyadi menyatakan layanan ini dikembangkan sebagai bentuk transformasi digital untuk beradaptasi dengan tuntutan saat ini.
“Upaya ini kami hadirkan untuk membantu mitra kami menjawab tantangan ekonomi digital,” kata Slamet dalam keterangannya, Senin (12/3/2018) di Jakarta.
Lebih lanjut Slamet mengatakan, Teleshop yang hadir sejak 2017 sebelumnya masih fokus pada pengembangan dan baru tahun ini akan fokus menambah mitra. Saat ini, layanan Teleshop telah digunakan oleh sekitar 25.000 mitra yang disebut dengan Sobate-Teleshop.
Sejauh ini, tambah Slamet, dengan 25.000 mitra Teleshop menargetkan sekitar 500.000 transaksi per hari.
Tahun ini TUN menargetkan 100.000 mitra untuk bergabung dengan layanan digital mereka. “Kami optimistis setidaknya semester pertama bisa mencapai target 50%—60%,” tambahnya. Sasaran utama Teleshop adalah para pelaku UMKM yang tidak memiliki akses ke layanan perbankan konvesional.
Dengan target 100.000 mitra tentu akan berlipat pula jumlah transaksinya,” katanya. Teleshop menawarkan jasa dan produk digital. Beberapa layanan pembayaran yang dapat dilayani Teleshop di antaranya pembelian pulsa, pembayaran listrik dan air, cicilan leasing, televisi berlangganan, hingga BPJS Kesehatan.
Ada pula platform online to offline (O2O) yang membuat para mitra Teleshop dapat memberikan layanan digital kepada konsumen mereka. Slamet mengatakan saat ini telah ada lebih dari 380 biller yang dapat ditransaksikan dan akan terus ditambah sesuai dengan kebutuhan.
“Kalau startup itu kan berangkat dari aplikasi baru menjaring mitra, kita ini sudah punya 200.000 mitra di seluruh Indonesia yang awalnya reseller [layanan lain] kita. Nah, di situ kita prospek untuk pakai layanan Teleshop ini. Jadi terbalik,” jelasnya.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post