Telkom Dukung AFEBI ke-4

Muhammad Awaluddin Chief Marketing Officer (CMO) Enterprise and Business Service Telkom di ajang AFEBI. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mendukung Kongres ke-4 Asosiasi Fakultas Ekonomi & Bisnis Indonesia (AFEBI). Ini merupakan upaya Telkom untuk meningkatkan digitalisasi dunia pendidikan di Indonesia.

AFEBI adalah organisasi penyelenggara pendidikan di bidang ilmu akuntasi, ekonomi, manajemen dan bisnis di seluruh Indonesia. Konggres ke-4 AF akan diselenggarakan di Universitas Sam Ratulangi, Manado pada tanggal 27-30 Juli 2016.Acara ini untuk meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan di bidang ilmu ekonomi, akuntansi, manajemen dan bisnis di Indonesia dan dunia.

Dalam keterangan resminya Telkom menyampaikan, pada Kongres ke-4 AFEBI Telkom menyediakan koneksi VPN Fiber Optic yang digunakan untuk layanan realtime interactive video conference di 7 titik yang mewakili setiap pulau di Indonesia, yaitu dari Universitas Sam Ratulangi (Manado) dengan bandwidth 50 Mbps sebagai host ke 6 Universitas lainnya dengan bandwidth masing-masing 5 Mbps – Universitas Singaperbangsa (Karawang), Universitas Jambi (Jambi), Universitas Mulawarman (Samarinda), Universitas Khairun (Ternate), Universitas Tadulako (Palu), serta Universitas Musamus (Merauke).

Adapun video conference ini menyampaikan materi Era Baru Pendidikan Tinggi Bisnis dan Ekonomi oleh Sekjen Kemenristekdikti Ainun Naim dan Knowledge Sharing of Two Things dari Dewan Pimpinan Nasional AFEBI.

Solusi layanan ICT lainnya yang sudah disiapkan Telkom untuk mendukung digitalisasi dunia pendidikan menggunakan konsep Connectivity, Content, Community (3C).

Untuk layanan Connectivity berupa Internet (IP Transit, Astinet), Intranet (Metrolink, VPN IP MPLS), dan Bandwidth Management. Sedangkan untuk layanan Content berupa Data Center (Promise, On Cloud), Aplikasi & Database (e-Jurnal, e-Office), CPE dan Managed Service.

Untuk layanan Community berupa Wifi ID SSO (e-Learning Everywhere dan menjalin interaksi antar civitas akademik kampus).

Adapun kiprah Telkom untuk dunia pendidikan Indonesia seperti SNMPTN/SBMPTN, IdREN (Indonesia Research Education Network), Unpad BCE (BUMN Center of Excellent), PADI (Pustaka Digital Indonesia), Edumail.Id, Q-Journal, Coop/Magang dan Rekruitasi mahasiswa untuk Telkom Group, serta NU Go To Langit (NU go to Cloud) untuk 227 PTNU.

 

STEVY WIDIA