Telkom University Choir Borong Medali di Taiwan

Telkom University Choir (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Telkom University Choir sukses meraih kemenangan dalam ajang “Taipei International Choral Competition (TICC) 2019” yang diselenggarakanoleh Taipei Philharmonic Foundation pada 31 Juli – 2 Agustus 2019 di Taipei, Taiwan.

Menjadi salah satu perwakilan dari Indonesia, Telkom University Choir bertanding dengan 23 paduan suara lain yang berasal dari 6 negara lainnya yaitu Taiwan, Korea Selatan, China, Macau, Polandia, dan Filipina. Tim ini terdiri dari 43 penyanyi dengan konduktor Aldo Randy Ginting.

Telkom University Choir berhasil menjadi juara 1 dalam setiap kategori yang diikuti, yaitu Youth Choir , Contemporary Music dan meraih nilai tertinggi dalam seluruh kompetisi pada kategori Ethnic/Traditional Music (dengan skor 90.88).

“Akhirnya kami bisa membawa gelar Grand Champion pertama kami. Terimakasih tentunya kami ucapkan untuk semua pihak yang membantu kelancaran program ini, baik sponsor, media partner maupun donatur. Kemenangan ini merupakan hadiah ulang tahun ke-6 untuk Telkom University Choir. Sekali lagi, ini untuk Indonesia,” ucap Avenuto Detantra selaku penanggung jawab program Festival Luar Negeri, Shankara Reswara 2019 dalam keterangan resmi Humas Telkom University, Senin (5/8/2019).

Pada kategori Youth Choir yang diselenggarakan pada tanggal 31 Juli 2019 di Soochow University Song-Yi Hall, Telkom University Choir membawakan Lonely as Night karya Tien-Hao Jan, Exultate Deo karya Giovanni Pierluigi da Palestrina, dan Atsalums karya Jēkabs Jančevskis.

Tim ini juga membawakan 3 komposisi lagu daerah dari Indonesia dan Taiwan pada kategori Ethnic/Traditional Music yang diadakan pada tanggal 1 Agustus 2019 yaitu Elders Drinking Song (Taiwan) karya Chiung-Ying Chang, Yamko Rambe Yamko (Papua) aransemen Agustinus Bambang Jusana, serta Janger (Bali) yang diaransemen oleh Avip Priatna dan Agustinus Bambang Jusana. Selain itu Telkom University Choir juga membawakan karya musik kontemporer pada kategori Contemporary Music yaitu Fajar dan Senja karya Ken Steven, Entreat Me Not to Leave You karya Dan Forrest, dan Ave Maria karya Ming-Chieh Lin.

Kemenangan tersebut berhasil membawa Telkom University Choir ke babak Grand Prix yang diikuti oleh 7 paduan suara dari seluruh dunia, yaitu Cathedral Girls Choir “Puellae Orantes” (Poland), Mingho Junior High School – Juann Choir (Taiwan), Harmonia Male Choir (Taiwan), Rhapsody Choir (Taiwan), Tongyeon Municipal Boys and Girls Choir (Korea), Choir of Maritime University of Szczecin (Poland).

Pagelaran Grand Prix tersebut diselenggarakan di National Concert Hall – Taiwan pada tanggal 2 Agustus 2019. Dari 7 paduan suara, 2nd Runner Up direbut oleh Choir of Maritime University of Szczecin (Poland), sedangkan 1st Runner Up diperoleh Mingho Junior High School (Taiwan) dan juara umum dalam Taipei International Choral Competition (TICC) 2019 jatuh kepada Telkom University Choir.

Dengan menjadi Grand Prix Winner pada ajang TICC 2019, Telkom University Choir diundang untuk mengikuti “WorldChoral Championship 2020” di Rimini, Italia pada September tahun mendatang.

Dalam kompetisi tersebut Telkom University Choir berhasil meraih prestasi sebagai berikut:

– 1st Place of Youth Choir Category

– 1st Place of Contemporary Music Category

– 1st Place of Ethnic/Traditional Music Category

– Special Jury Prize on Creative Choreography

– Grand Prix Winner of Taipei International Choral Competition (TICC) 2019

STEVY WIDIA

Exit mobile version