Telkom University Choir Juara Soegijapranata Choral Festival 2018

Telkom University Choir. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Telkom University Choir kembali meraih prestasi dengan menjuarai kompetisi Soegijapranata Choral Festival 2018. Pada kompetisi yang diikuti 48 paduan suara, paduan suara ini meraih tiga medali emas serta Juara Umum ke-3 dari 48 Paduan Suara.

Telkom University Choir mengikuti 3 kategori yaitu Sacred Music, Mixed Choir, dan Folklore. Pada kategori Sacred Music Telkom University Choir membawakan 3 buah repertoire sakra dari berbagai zaman yaitu Exultate Deo (Palestrina) dari zaman renaissance, Heilig (Mendelssohn) dari zaman romantic, dan Gloria Patri (Budi Susanto Yohanes) dari zaman kontemporer.

Pada kategori Mixed Choir Telkom University Choir membawakan lagu Fajar dan Senja II (Ken Steven), Napadly Pisne (Antonin Dvorak), dan Gaur Akelarre (Josu Elberdin). Pada kategori Folklore Telkom University Choir mengangkat kebudayaan Papua dengan menggunakan pakaian daerah Papua serta membawakan lagu Yamko Rambe Yamko (arr. Agustinus Bambang Jusana) dan lagu Benggong dari daerah Manggarai (arr. Ken Steven).

“Walaupun kompetisi ini merupakan kompetisi yang baru diadakan untuk pertama kalinya tapi kompetisi ini cukup menantang bagi kami, dengan peserta-peserta yang cukup berat seperti UNS, ITS, UB, UNDIP, dan masih banyak lainnya. Ditambah latihan yang cukup singkat hanya 1 bulan, serta kami membawa penyanyi sebanyak 55 orang dengan mayoritas penyanyi anggota baru 2017” tutur Indriyana selaku ketua tim pada kompetisi ini dalam keterangannya, Senin (10/9/2018) di Bandung, Jawa Barat.

Baca juga :   Telkom University Choir Berjaya di 31st International Franz Schubert Choir Competition - Vienna, Austria

Soegijapranata Choral Festival 2018 ini diselenggarakan oleh Gratia Choir Universitas Katolik Soegijapranata. Walaupun baru pertama kali kompetisi ini merupakan kompetisi bertaraf Internasional dengan juri yang memiliki kualitas internasional diantaranya Agastya Rama Listya (Indonesia), Budi Susanto Yohanes (Indonesia), Avip Priatna (Indonesia), Mark Anthony Carpio (Philippines), dan Dr. Masashi Kishimoto (Jepang).

Pada kompetisi ini Telkom University Choir bertanding dengan 48 paduan suara lainnya dan salah satunya ada peserta dari Filipina yaitu Xavier University Glee Club. Telkom University Choir dipilih menjadi peserta pada babak Grand Prix atas penampilannya pada ketiga kategori yang mereka ikuti.

Pada babak Grand Prix Telkom University Choir bersaing dengan 8 paduan suara lainnya yaitu Angelus Voice (SD PL Bernardus Semarang), Domsav Choir (SMP PL Domenico Savio Semarang), Viva Brio Choir (SMAN 1 Salatiga), Voca Erudita serta Voca Erudita Female Choir (Universitas Sebelas Maret Surakarta), Diponegoro University Choir, PSM Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, dan Administratio Choir (Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Administrasi).

Baca juga :   Telkom University Choir Berjaya di Austria

Dalam kompetisi tersebut, Telkom University Choir berhasil meraih prestasi yaitu, Gold Medal – Folklore (Category Winner), Gold Medal – Sacred Music, serta Gold Medal – Mixed Choir. Selain itu Best Program in Mixed Choir dan 2nd Runner Up Grand Prix.

STEVY WIDIA