Telkom University Jadi PTS Terbaik Untuk 2 Bidang Keilmuan Versi THE WUR

Rektor Telkom University, Prof Adiwijaya

Rektor Telkom University, Prof Adiwijaya. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Telkom University menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik Indonesia berdasarkan dua bidang keilmuan dari dari Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) by Subject 2022. THE WUR merupakan Lembaga pemeringkatan yang telah diakui global dan salah satu penyedia peringkat teratas untuk penilaian kualitas institusi di seluruh dunia.

Pada THE WUR 2022 kali ini, sebanyak 1.600 universitas dari 99 negara dan wilayah masuk dalam pemeringkatan. Saat pemeringkatan THE WUR by Subject 2022 untuk ilmu komputer, ada 891 universitas seluruh dunia yang ikut berpartisipasi dalam pemeringkatan. Sedangkan pada subject engineering mencakup 1.188 universitas seluruh dunia.

Bidang ilmu pertama adalah komputer. Di bidang ini, Telkom University menempati posisi keempat di Indonesia dan berada pada peringkat 601-800 dunia. Selain Telkom University, ada beberapa perguruan tinggi lain untuk subject Computer Science di Indonesia, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB),Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Rektor Telkom University, Prof Adiwijaya mengucapkan selamat atas capaian yang diraih Telkom University. Menurut Adiwijaya, capaian ini merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas dari sivitas akademika Telkom University serta kontribusi dari alumni dan seluruh stakeholders. Prestasi ini, kata dia, juga amanah bagi Telkom University untuk terus memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia.

“Kami berharap capaian ini dapat bermanfaat tidak hanya untuk sivitas akademika tetapi juga menjadi penyemangat untuk kita semua dalam memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat dan bangsa Indonesia,” kata dia melansir laman Telkom University, Rabu (13/10/2021).

Bidang ilmu yang kedua adalah ilmu teknik (engineering). Kini, Telkom University masuk ke posisi enam Indonesia dan berada pada posisi 801-1000 dunia. Beberapa perguruan tinggi yang masuk ke dalam pemeringkatan dunia untuk subject engineering, seperti ITB, UI, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sebelas Maret (UNS), ITS, dan Telkom University.

“Lagi-lagi ini menunjukkan Telkom University sebagai PTS terbaik Indonesia untuk bidang teknik (engineering),” pungkas Prof Adiwijaya.

STEVY WIDIA

Exit mobile version