Telkom University Raih Peringkat Pertama Website PTS di Indonesia

Telkom University meraih peringkat pertama dalam pemeringkatan website Internasional dan Journal Internasional dari Webometrics (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Setelah awal Juli lalu meraih peringkat pertama SINTA (Science and Technology Index), Telkom University (Tel-U) kembali meraih peringkat pertama dalam pemeringkatan website Internasional dan Journal Internasional.

Menurut hasil pemeringkatan yang dikeluarkan oleh website resmi Webometrics (www.webometrics.info), Tel-U menempati peringkat pertama Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Nasional.

Webometrics merupakan sistem peringkat untuk universitas-universitas di dunia berdasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi Web, visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima. Peringkat ini diterbitkan oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok peneliti dari Dewan Peneliti Nasional Spanyol (Spanish National Research Council (CSIC)) yang berlokasi di Madrid.

Selain webometric, peringkat pertama dalam kualitas website juga diraih melalui website resmi 4ICU, yakni www.4icu.org, atau 4 International Colleges & Universities merupakan suatu mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.307 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara.

Baca juga :   Tel-U dan DAQRI Gelar Augmented Reality Pertama di Indonesia

“Alhamdulillah kualitas website dan publikasi sudah mendapat raihan peringkat pertama PTS di Indonesia dan peringkat 10 untuk PTS dan PTN. Ke depannya Telkom University akan terus meningkatkan kualitasnya. Terima kasih kepada seluruh sivitas akademika yang telah bekerja keras untuk tercapainya prestasi ini,” ujar Rektor Tel-U Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D.

 

FAHRUL ANWAR