Telkomsel Akselerasikan Solusi Smart Mining di Sektor Pertambangan

Telkomsel Private Network

Penerapan layanan private network Telkomsel pada aktivitas pertambangan PT PPA. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Penerapan layanan private network dinilai akan mengakselerasikan solusi Smart Mining. Hal ini dapat mendukung operasional industri pertambangan Indonesia yang lebih aman, terkoneksi, dan terintegrasi. Untuk itu, Telkomsel menjalin kolaborasi dengan  PT Putra Perkasa Abadi (PPA) menghadirkan penerapan layanan private network pertama di Indonesia.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, inisiatif ini merupakan bagian dari langkah nyata Telkomsel dalam mendukung roadmap pemerintah untuk memperkuat kapabilitas digital di sektor pertambangan, sebagai salah satu fondasi untuk mendukung Indonesia menuju Revolusi Industri 4.0.

“Dalam kerja sama ini, Telkomsel berkesempatan melanjutkan inovasi untuk memperluas pemanfaatan teknologi dengan menghadirkan solusi berbasis digital, yakni melalui penerapan layanan private network dalam mendukung setiap aktivitas pertambangan PT PPA agar lebih efisien, efektif, dan aman, sehingga berdampak pada peningkatan produktivitas perusahaan,” kata Nugroho dalam keterangan pers, Selasa (7/2/2023).

Untuk dapat mewujudkan aktivitas pertambangan yang lebih aman, efisien, dan efektif, pada kolaborasi ini Telkomsel mengimplementasikan solusi Smart Mining dari Telkomsel Enterprise yang meliputi penyediaan private network, Infrastructure as a Service (IaaS) untuk menjangkau seluruh site yang dimiliki PT PPA, dan fuel monitoring, yang seluruhnya telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi operasional PT PPA.

Private network Telkomsel memungkinkan PT PPA untuk memiliki konektivitas dengan tingkat reliabilitas dan keamanan tinggi, serta latensi jaringan rendah di bawah 50 milisecond (ms) yang mampu mendukung proses otomasi di setiap aktivitas pertambangan maupun operasional perusahaan dengan mudah.

Menurut Nugroho, langkah ini sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler yang terus berupaya mengakselerasi transformasi digital industri pertambangan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital terdepan.

“Kolaborasi dan kontribusi dengan PT PPA sebagai perusahaan yang menerapkan keunggulan jaringan dan layanan private network bersama Telkomsel akan mendukung penerapan solusi Smart Mining di industri pertambangan,” katanya lagi.

Direktur HCGA & Legal PT PPA Teguh Subroto mengatakan, PPA melakukan inisiatif ini dalam rangka menjadi bagian dari akselerasi transformasi digital di sektor industri pertambangan menuju Revolusi Industri 4.0.

“Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan produksi secara maksimal, selain itu juga akan meningkatkan safety dalam operasional PPA. Dengan ini PPA telah menjadi bagian dari transformasi digital industri pertambangan Indonesia melalui pemanfaatan solusi digital terdepan,” katanya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version