youngster.id - Untuk semakin mendukung kreativitas anak muda di era digital Tiktok menjalin kemitraan startegis dengan Telkomsel. Tujuannya, yaitu mendukung kreativitas anak muda dalam menjalani gaya hidup digital.
Vanessa Brown, Director of Business Development, TikTok SEA mengatkan, ditengah kondisi yang menantang, banyak masyarakat Indonesia menjadikan TikTok sebagai rumah mereka untuk berkreasi, tempat untuk menjalin kebersamaan dan menjadi diri sendiri. Untuk mendukung hal ini, TikTok menjadli kerjasama strategis dengan penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkomsel.
“Lewat kemitraan ini kami ingin menghadirkan pengalaman terbaik kepada masyarakat Indonesia dalam mengekspresikan kreativitas, serta menggunakan internet dengan lebih positif,” kata Vanessa Brown, Director of Business Development, TikTok SEA dalam Press Conference virtual Kemitraan TikTok dan Telkomsel Selasa (27/10/2010).
Hal senada disampaikan Hal ini yang mendasari Telkomsel menjalin kemitraan stategis dengan Tiktok. Adhi Putranto, Vice President Prepaid Consumer Telkomsel mengatakan, literasi digital menjadi penting untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam menjalani gaya hidup digital.
“Telkomsel merasa antusias dalam menjalani kemitraan dengan TikTok karena kami memiliki kesamaan visi dalam menjaga kebermanfaatan internet bagi masyarakat. Kolaborasi ini juga melanjutkan upaya sebelumnya dari Telkomsel melalui inisiatif Internet BAIK (Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif) dalam memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam mengakses dunia maya,” kata Adhi.
Menurut dia, misi yang melandasi kemitraan strategis TikTok dengan Telkomsel yaitu mendukung kreativitas anak muda di era digital. Untuk itu, Telkomsel menyediakan kuota khusus TikTok di paket data Kuota Ketengan, UnlimitedMAX, dan Combo Sakti. Upaya ini diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk menyampaikan ekspresi kreatif mereka melalui format video singkat di TikTok, dengan akses internet yang cepat dan terjangkau.
Selain itu dalam waktu dekat, Telkomsel dan TikTok akan menggelar webinar bertema literasi digital, termasuk meningkatkan pemahaman mengenai potensi kejahatan siber di era digital serta memberikan tips pada peserta untuk menjadi warga digital yang bijak.
“Kami pun membuka pintu bagi para pemangku kepentingan lainnya untuk menciptakan lebih banyak upaya kolaboratif yang mampu memberikan kenyamanan pemanfaatan internet dan teknologi di Indonesia melalui peningkatan literasi mengenai keamanan siber bagi seluruh masyarakat secara merata,” kata Adhi.
Studi YouGov menunjukkan bahwa 54% masyarakat memilih video singkat menjadi konten terbaik untuk mengekspresikan kreativitas. Hal ini menunjukkan bahwa kehadiran konten interaktif dengan kolaborasi audio dan visual menjadi format menarik untuk menyampaikan suatu gagasan konten kreatif. Hal ini perlu didukung dengan literasi digital demi keamanan dan kenyamanan pengguna.
“Peningkatan literasi digital membutuhkan upaya yang berkelanjutan. Dengan bermitra bersama Telkomsel, kami yakin dapat merangkul lebih banyak masyarakat untuk ikut memberdayakan diri menjadi warga digital yang bijak dalam mengekspresikan kreativitasnya di platform digital,” kata Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia.
Sejalan dengan Telkomsel, keamanan dan kenyamanan pengguna menjadi prioritas utama TikTok. Selain membekali pengguna dengan berbagai fitur keamanan, seperti akun privat, filter komentar, Family Pairing, dan fitur pelaporan langsung, TikTok juga mengadakan berbagai kerjasama dan kegiatan untuk mengedukasi pengguna tentang keamanan digital, antara lain tentang perundungan siber dan aman berinternet.
STEVY WIDIA