Telkomsel Hadirkan Layanan Chat Bot Bernama Veronika

Telkomsel menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Asia Tenggara yang menghadirkan layanan chatbot. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Perusahaan telekomunikasi tanah air Telkomsel menghadirkan layanan chat bot yang bisa melayani para pelanggan mereka lewat Facebook Messenger, LINE, hingga Telegram. Chat bot tersebut bernama Veronika.

Telkomsel pun menjadi perusahaan telekomunikasi pertama di Asia Tenggara yang menghadirkan layanan seperti ini. Untuk menghadirkan layanan ini, Telkomsel menggandeng perusahaan konsultasi Accenture dan startup tanah air yang bergerak di bisnis chat bot, yaitu Kata.ai.

Veronika sendiri merupakan layanan yang bisa memudahkan kamu dalam menukar (redeem) Telkomsel Poin, mengecek dan mengisi ulang pulsa, membayar tagihan, serta membeli paket data. Selain itu, kamu pun bisa memanfaatkan Veronika untuk membuat janji datang ke Grapari, hingga melaporkan keluhan. Untuk berkomunikasi dengan Veronika, kamu bisa menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.
Saat ini, Veronika memang masih mengharuskan kamu untuk mengetik. Namun ke depannya, layanan chat bot ini juga akan dilengkapi dengan kemampuan untuk menerima perintah dalam bentuk suara.

“Kami berharap keunggulan dari teknologi kecerdasan buatan ini tak hanya bisa meningkatkan efisiensi dari proses penanganan keluhan pelanggan, namun juga bisa meningkatkan pendapatan Telkomsel dari berbagai produk mereka,” tutur Irzan Raditya, CEO dan co-founder dari Kata.ai, dalam siaran pers, Rabu (30/8/2017).

Baca juga :   Telkomsel Gelar IndonesiaNext di Medan

Kata.ai sendiri merupakan startup yang memang fokus menghadirkan layanan chat bot untuk pelanggan korporat. Selain dengan Telkomsel, Kata.ai juga telah bekerja sama dengan Unilever dalam pengembangan layanan chat bot yang bernama Jemma.

Kata.ai yang sebelumnya bernama YesBoss berdiri 2 Juni 2015 dengan layanan utama berupa asisten virtual untuk pelanggan individual (B2C). Mereka memutuskan untuk pivot pada bulan Oktober 2016.



STEVY WIDIA