Telkomsel Hadirkan Solusi Mobile Digital Bagi Mahasiswa Unpad

Direktur Sales Telkomsel Mas'ud Khamid dan Rektor UNPAD Prof.Dr.med. Tri Hanggono Achmad,setelah penandatangan MoU Kerja Sama Telkomsel dengan UNPAD (Foto: Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Telkomsel melakukan kerja sama strategis dengan Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung dalam menghadirkan solusi mobile digital untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa. Terutama dalam pemanfaatan layanan teknologi seluler guna menghadirkan pengalaman mobile digital guna mendukung proses belajar mengajar di lingkungan Kampus Unpad.

Penandatangan Nota Kepakatan Bersama antara Telkomsel dan Unpad dilakukan di Bandung, Jum”™at (5/8).

“Telkomsel selalu berkomitmen menghadirkan solusi layanan digital yang dapat mendukung aktivitas dunia pendidikan. Salah satunya kerja sama strategis dengan Unpad yang merupakan salah satu universitas favorit yang ada di Kota Bandung. Kami berharap, dukungan Telkomsel ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh civitas akademik di Unpad, terutama melalui penggunaan aplikasi UNPAD Mobile yang baru diluncurkan dan didukung penuh oleh Telkomsel untuk menghadirkan pengalaman digital yang berbeda saat berada di lingkungan kampus,” ujar Mas”™ud Khamid, Direktur Sales Telkomsel.

Berdasarkan kesepakatan, Telkomsel akan memperkuat layanan jaringan khususnya  untuk jangkauan indoor di sejumlah fasilitas gedung yang ada di Unpad, penyediaan sarana tranportasi gratis untuk mahasiswa mellaui penyerahan 2 unit mini shuttle bus di lingkungan kampus. Juga, menghadirkan solusi kebutuhan akademik mahasiswa dengan pemanfaatan teknologi digital dengan meluncurkan layanan layanan aplikasi UNPAD Mobile.

Untuk aplikasi UNPAD Mobile ini sendiri, mahasiswa dapat memanfaatkan sejumlah keunggulan fitur mobile yang ada di dalamnya guna mendukung aktivitas pendidikan mereka. Antara lain, mengatur jadwal konsultasi dengan Pembimbing atau Dosen, melihat info akademik terbaru, mengatur jadwal kuliah serta melihat letak ruang kuliah dari tiap mata kuliah yang dilaksanakan setiap harinya. Aplikasi UNPAD Mobile ini dapat dinikmati para mahasiswa melalui smartphone dengan mendownload langsung di Google Play Store untuk OS Android dan App Store untuk iOS.

Pada kesempatan yang sama, Telkomsel juga menyerahkan 2 unit mini shuttle bus sebagai bagian dari kerja sama yang dijalankan bersama Unpad. Mini shuttle bus ini akan beroperasi di lingkungan Kampus Unpad di Jatinangor, yang akan melayani kebutuhan transportasi massal para civitas akademik Unpad ketika beraktivitas di lingkungan kampus.

Sedangkan, guna menunjang penguatan serta perluasan jaringan di lingkungan kampus Unpad Jatinangor, Telkomsel telah menambahkan 2 BTS outdoor yang terintegrasi di dalam lingkungan kampus dan melengkapi 5 BTS yang sudah hadir di Kampus Unpad Dipatiukur.

Kerja sama Telkomsel dengan Unpad ini merupakan kelanjutan dari sejumlah kolaborasi bersama yang telah dilakukan sebelumnya. Antara lain, peningkatan kualitas jaringan Telkomsel di lingkungan Kampus Unpad dan dukungan Telkomsel untuk aktivitas mahasiswa melalui pembangunan Radio Kampus dan penyediaan layanan CUG (Close User Group) untuk kebutuhan komunikasi antar mahasiswa.

Pangsa pasar kalangan anak muda juga merupakan prioritas Telkomsel dalam penguatan ekosistem DNA (Device-Network-Applications).

“Selain menghadirkan layanan jaringan terdepan seperti 4G LTE, penyediaan produk broadband yang sesuai dengan kebutuhan pelajar dan mahasiswa, penyebaran bundling device yang affordable, Telkomsel merasa perlu menghadirkan layanan konten digital yang bermanfaat, khususnya yang menunjang kebutuhan penunjangan aktivitas pendidikan. Kami berharap aplikasi UNPAD Mobile ini menjadi percontohan untuk pengembangan layanan mobile digital serupa untuk universitas lainnya guna mendorong percepatan konsep smart city di seluruh Indonesia,” pungkas Mas”™ud.

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA