Telkomsel Perkuat Inovasi Digital Yang Customer-Centric

Telkomsel

Jumlah pelanggan Telkomsel saat ini telah mencapai 175 juta. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Memasuki usia 27 tahun Telkomsel meluncurkan sejumlah inisiatif yang mempertegas langkah perusahaan untuk mengembangkan bisnis di industri digital. Salah satunya dengan membentuk Indonesia Digital Ecosystem (INDICO) yang fokus utama meningkatkan inovasi digital yang customer-centric. Anak perusahaan baru ini mendapat suntikan dana dari Telkom Group Sebesar Rp 292 Miliar.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, INDICO mengambil posisi sebagai digital powerhouse yang dapat memperluas kapabilitas Telkomsel selain di bisnis konektivitas dengan menciptakan flywheel effect innovation dalam mengembangkan solusi digital lintas sektor melalui pemanfaatan aset dan kapabilitas teknologi telekomunikasi.

“Telkomsel berharap dapat semakin bertumbuh dan berkembang dengan menghadirkan berbagai solusi digital melalui produk dan layanan inovatif, yang dapat membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi bangsa di masa mendatang. Telkomsel akan terus memperkuat tujuan perusahaan sebagai digital ecosystem enabler, memperluas portofolio bisnis digitalnya, sekaligus mengambil peran dalam mendorong dan mendukung pertumbuhan bisnis untuk memperkuat ekosistem digital nasional,” kata Hendry dalam siaran pers peringatan 27 tahun Telkomsel, Jumat (27/5/2022).

Dia mengungkapkan, pada tahap awal pengembangannya, INDICO menjadi holding company bagi tiga anak perusahaan dari portofolio bisnis vertikal Telkomsel yang sedang berkembang di sektor digital. Yakni kesehatan (health-tech) melalui layanan aplikasi Fita, pendidikan (edu-tech) melalui layanan aplikasi Kuncie, dan sektor mobile gaming melalui anak usaha Majamojo.

“Peran INDICO sebagai digital initiative enabler & orchestrator sangat vital untuk membuka jalan dan mengawal potensi besar ketiga anak usaha tersebut dalam mendorong perekonomian digital nasional,” ucapnya.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Telkom Indonesia melalui anak usahanya Telkomsel menyuntikkan modal sebesar Rp292 miliar kepada anak usahanya, PT Telkomsel Ekosistem Digital (TED) atau kini dikenal dengan Indonesia Digital Ecosystem (INDICO).

Pengembangan ini mengingat jumlah pelanggan Telkomsel saat ini telah mencapai 175 juta pelanggan. Selain itu pembangunan infrastruktur broadband terdepan mencapai 247.000 BTS, yang sebagian besarnya sudah terhubung teknologi broadband 4G/LTE dengan jangkauan lebih dari 96% wilayah populasi di Indonesia.

“Kepercayaan pelanggan turut berdampak pada transformasi Telkomsel dan peningkatan bisnis digitalnya yang kini mampu berkontribusi lebih dari 79 % dari total pendapatan perusahaan,” ujar Hendri.

Sebagai bagian dari rangkaian kemeriahan hari jadi ke-27 sekaligus mengapresiasi seluruh pelanggan setia, Telkomsel akan menggelar Customer Day di kota Bandung, Surabaya, Palembang dan Makassar.

Selain itu akan ada Telkomsel Awards 2022 dihadirkan Telkomsel untuk memberikan apresiasi kepada para insan yang telah banyak menginspirasi melalui karya dan prestasi, seperti di bidang musik, film, dan esports, yang diharapkan dapat mendorong semangat baru agar dapat terus konsisten berkontribusi dalam memberikan dampak positif bagi bangsa.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version