Teman Kreasi Indonesia, Pemberdayaan Komunitas Kreatif Lokal Berbasis Internet

Teman Kreasi

Smartfren meluncurkan program Teman Kreasi Indonesia. (Foto: isimewa/youngster.id)

youngster.id - Pelaku usaha lokal terus didorong untuk berkreasi dan berinovasi. Selain itu tentu perlu dukungan dari banyak pihak untuk menguatkan komunitas kreatif di masyarakat. Seperti langkah yang diambil Smartfren melalui peluncuran program Teman Kreasi Indonesia.

Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren mengatakan, Program ini merupakan sarana pemberdayaan berkelanjutan yang berbasis pengembangan dan penguatan komunitas kreatif di masyarakat.

“Kehadiran Teman Kreasi Indonesia adalah bukti bahwa sinergi antara perusahaan, pelanggan, dan masyarakat dapat membuka peluang menuju Indonesia yang lebih baik. Menggunakan prinsip kokreasi yang saling mendukung, Teman Kreasi Indonesia diharapkan dapat mendorong lahirnya banyak wirausahawan sosial, wirausahawan digital, serta kreator lokal di Indonesia,” kata Roberto dalam keterangannya, Kamis (22/4/2021).

Dia berharap, Teman Kreasi Indonesia dapat menjadi medium memperkuat ketahanan ekonomi serta pendidikan berbasis digital. Bahkan, program Teman Kreasi Indonesia mendapat dukungan yang sinergi antara Smartfren, WOWLabs dan Smartfren Community.

“Apalagi Smartfren memiliki keunggulan berupa koneksi internet yang 100% 4G LTE yang sangat penting dalam mendukung pengembangan wirausaha berkonsep digital dan sosial,” ujar Roberto lagi.

Sementara itu, Dani Akhyar, Head of Community Development Smartfren mengatakan, program Teman Kreasi Indonesia ini telah hadir di 24 kota.”Kami selalu terbuka dan aktif mencari kota-kota lain yang ingin bergabung sebagai keluarga Teman Kreasi Indonesia, serta bersama-sama membuka peluang baru,” ucapnya.

Peserta program Teman Kreasi Indonesia mendapatkan dukungan modal berupa koneksi internet 4G LTE Advance yang sangat bermanfaat digunakan menjalankan kegiatan wirausaha online. Saat ini Teman Kreasi Indonesia telah hadir antara lain di wilayah Natuna, Lampung, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Lebak, Cilegon, Serang, Bekasi, Bandung, Bandung Barat, Garut, Cibungur, Tegal, Kuningan, Pekalongan, Cilacap, Blitar, Bojonegoro, Pati, Tanah Laut, Mojokerto, Surabaya, dan Bali.

Menurut Dani, Smartfren akan menghadirkan program tersebut di berbagai wilayah lain yang sudah dijangkau oleh Smartfren Community.

“Dengan dukungan tambahan berupa jaringan potensi pasar dari Smartfren Community yang tersebar di 100 kota di seluruh wilayah Indonesia, diharapkan program ini bisa melahirkan jaringan wirausaha serta kreator baru yang 100% lokal sehingga memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Produk yang dihasilkan dari program Teman Kreasi Indonesia ini antara lain berupa kuliner lokal seperti keripik gedebog pisang, keripik daun jeruju, keripik jantung pisang, kopi robusta, ledre.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version