youngster.id - Penyedia layanan e-commerce enabler AHA Commerce baru-baru ini meraih gelar sebagai Indonesia Lazada Partner of the Year pada penyelenggaraan LazMall 2023 Brands Future Forum (BFF) AWARDS yang diadakan di Marina Bay Sands, Singapura.
Selain itu, AHA Commerce juga berhasil menyabet gelar sebagai Shopee Premium Enabler 2023 dan menjadi perwakilan Indonesia di skala Asia Tenggara.
E-commerce enabler merupakan perusahaan yang membantu brand untuk mengembangkan kanal penjualan digital secara menyeluruh, mulai dari mengelola inventaris, membuat konten pemasaran, melayani pesanan pelanggan, hingga pengiriman produk dan pembuatan laporan penjualan yang komprehensif. Ragam solusi ini menjadi jawaban terhadap pain points yang kerap dihadapi oleh brand ketika mengembangkan brand mereka melalui e-commerce.
Stephen Lawrence, CEO AHA Commerce mengatakan, penghargaan menjadi bukti bahwa dengan berfokus dalam pengembangan brand lokal dan memperhatikan hal-hal terkecil, cara tersebut dapat membawa bukti nyata yang signifikan.
“Penghargaan ini sangat bermakna bagi kami. Karena walaupun AHA Commerce merupakan partner Lazada dengan skala yang relatif kecil dalam jumlah tim, tapi kami berhasil memperlihatkan bahwa dampak solusi AHA Commerce sangat besar bagi brand-brand yang kami kelola. Inilah yang kami sering umpamakan sebagai ‘kecil-kecil cabe rawit’,” kata Stephen, Rabu (13/9/2023).
Terpilihnya AHA Commerce sebagai pemenang Best Lazada Partner dinilai dari berbagai faktor, mulai dari besaran Gross Merchandise Value (GMV) penjualan, jumlah pesanan, tingkat pemenuhan pesanan, tingkat pembatalan, hingga respons terhadap chat pelanggan.
Dari kategori tersebut, AHA Commerce meraih poin yang sangat tinggi dalam tingkat pemenuhan pesanan (>99%), tingkat balasan chat (>99%), serta jumlah pesanan per kuartal.
Salah satu kunci kesuksesan utama AHA Commerce adalah sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligence bernama AHAbot yang dapat menganalisa tren penjualan brand dengan akurat dan memberikan rekomendasi yang tepat.
Solusi AHAbot pertama kali diluncurkan di Shopee pada tahun 2021, dimana setelah itu AHA langsung meraih level tertinggi Premium Shopee Partner Enabler dari tahun 2022 hingga sekarang.
Dalam membantu kesuksesan para klien, AHA Commerce menyediakan beragam solusi dari hulu ke hilir, mulai dari meningkatkan performa balas chat (minimal 95%), mengeksekusi strategi marketing, membuat campaign & promo yang menguntungkan, hingga memproduksi konten foto dan video pemasaran untuk e-commerce. Semua solusi ini disesuaikan dengan kebutuhan dari setiap klien.
Perusahaan yang telah bermitra dengan Lazada, Shopee, hingga Tiktok Shop ini memiliki rekam jejak panjang dalam mengelola ratusan toko online dari berbagai brand lokal ternama, seperti Kalbe, Shinpo, Just Miss, dan Metal Fortis.
Ditambahkan Andre Chouw, Chief Relationship Officer AHA Commerce, pentingnya sinergi dua arah antara e-commerce enabler dan brand.
“Lanskap e-commerce di Indonesia akan selalu berubah. Karena itu, penting untuk mempunyai rasa saling percaya antara e-commerce enabler dengan brand. Misalnya, kami mengatur seluruh fitur promosi yang ada pada marketplace dan dari brand juga menjaga supaya stok produknya dapat terpenuhi dengan baik, serta melakukan aktivitas branding supaya brand mereka semakin terkenal,” imbuh Andre.
HENNI S.