Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Terapkan Teknologi AI Pada Layanan Purnajual, Proses Retur Blibli Meningkat Hampir 50%

27 Januari 2024
in News
Reading Time: 3 mins read
retur Blibli

Terapkan Teknologi AI Pada Layanan Purnajual, Proses Retur Blibli Meningkat Hampir 50% (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Penerapan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan maupun algoritma machine learning (ML) sudah menjadi salah satu kunci efisiensi dan peningkatan layanan bisnis.

Bahkan sejak beberapa tahun terakhir, Indonesia telah diprediksi akan memperoleh dampak ekonomi hingga Rp5.596 triliun lewat penggunaan AI. Angka ini merupakan yang tertinggi di ASEAN.

Salah satu tantangan yang dihadapi Blibli sebagai pelaku industri e-commerce Indonesia adalah menjaga kepuasan pelanggan di fase purnajual. Untuk itu, Blibli melakukan inovasi bisnis dengan penerapan teknologi AI dan ML pada proses retur barang secara instan.

Pada fase purnajual, para konsumen kerap bingung dengan mekanisme pengembalian barang yang benar, aman dan nyaman, serta kesulitan mencari informasi tentang hal tersebut. Padahal berdasarkan survei Statista rilisan Juni 20232 lalu, kemudahan pengembalian barang menjadi satu pertimbangan utama masyarakat Indonesia dalam memilih platform e-commerce.

Sebagai pelopor omnichannel commerce Tanah Air, Blibli terus memperkuat strategi hi-tech dan hi-touch yang berstandar global dalam optimalisasi pengalaman purnajual pelanggan. Pada fase ini, Blibli menerapkan teknologi AI dan ML ditandai dengan hadirnya Solusi Retur Instan melalui website maupun aplikasi Blibli.

Baca juga :   Perempuan Muda Perlu Punya Sensitifitas Pada Lingkungan

Azizah Purwitasari, Head of Business Process Transformation Blibli mengatakan, Blibli melakukan ekstensifikasi AI dan ML untuk terus meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Dengan Solusi Retur Instan ini, pelanggan Blibli akan dimudahkan saat melakukan pengembalian barang sesuai ketentuan.

“Cukup mengikuti panduan pada form yang muncul di aplikasi dan website Blibli, termasuk wajib melampirkan foto produk, maka teknologi AI Damage Product Detection akan melakukan pengecekan otomatis terkait kondisi barang yang ingin dikembalikan. Selanjutnya AI Auto Solution Recommendation akan menggunakan data hasil pengecekan tersebut beserta data riwayat belanja pelanggan dan ketentuan retur produk untuk memberikan solusi,” jelas Azizah, dikutip Sabtu (27/1/2024).

Solusi Retur Instan untuk pengembalian barang ini dapat ditemukan pelanggan Blibli pada tahap pasca pembelian atau setelah transaksi selesai. Jika terdapat ketidaksesuaian pada barang yang diterima, dan ingin melakukan pengembalian, pelanggan Blibli dapat memprosesnya langsung secara mandiri. Pertama, pilih dan foto barang yang ingin dikembalikan. Kedua, lengkapi dan kirim formulir secara daring untuk mendapatkan nomor pengajuan yang bisa digunakan memantau proses berjalan. Bila diperlukan informasi lebih lanjut, pelanggan akan dihubungi oleh Blibli Care Agent.

Baca juga :   Blibli dan Grab Hadirkan Green Delivery, Prioritaskan Layanan Dengan Kendaraan Ramah Lingkungan

Pada proses ini, fitur AI Damage Product Detection akan bekerja untuk mendeteksi kondisi barang yang ingin dikembalikan secara otomatis melalui foto yang dilampirkan pelanggan, dan langsung memberikan rekomendasi solusi. Sebagai contoh, apabila barang diterima dalam keadaan rusak, hasil deteksi AI pada foto akan memberi instruksi ke pusat retur barang untuk segera mengirim produk pengganti. Berkat teknologi AI dan ML, proses deteksi kerusakan dan rekomendasi solusi ini kini lebih cepat hampir 50%.

Dari 20 kategori produk yang tersedia di platform Blibli, mekanisme pengembalian kategori barang memiliki ketentuannya masing-masing, pelanggan dipersilakan membaca syarat dan ketentuan untuk pengembalian barang dengan teliti.

Berbicara mengenai kenyamanan dalam proses retur barang, Blibli sebagai pelopor omnichannel commerce juga menghadirkan proses retur dengan ekspansi jaringan mitra offlinenya. Pengembaliannya pun beragam dan semuanya gratis, pelanggan bisa memilih:

Baca juga :   Blibli Hadirkan Fitur “Tukar Tambah” Produk Elektronik

Pertama, barang bisa dijemput (pick up) di rumah pelanggan oleh mitra logistik Blibli seperti BES Paket, Grab, Anteraja dan Paxel. Kedua, barang bisa dititipkan (Return Point) di gerai-gerai mitra Blibli seperti kantor JNE, Indomaret, Alfamart/Alfamidi/Dan+Dan. Ketiga, pelanggan bisa datang ke titik pengembalian khusus pada empat titik kantor Blibli (WTC Mangga Dua, Cawang, KS Tubun dan Surabaya) untuk bertemu dengan tim Blibli di tempat dan mendapatkan solusi dalam maksimal 30 menit.

Di luar ketiga metode tersebut, pelanggan juga bisa mengirimkan barang dengan ekspedisi pilihannya sendiri. Saat ini, kemudahan pengembalian barang di Blibli sudah menjangkau seluruh Indonesia. Bekerja sama dengan delapan mitra logistik dengan lebih dari 47.800 lokasi return points yang tersebar di seluruh Tanah Air.

“Blibli selalu memastikan agar barang yang dibeli dan diterima oleh pelanggan benar-benar sesuai pesanan. Jika terjadi ketidaksesuaian, Blibli juga melengkapi dengan fitur pengembalian barang yang semudah dengan proses belanjanya,” tutup Azizah.

 

STEVY WIDIA

Tags: AI Damage Product Detectionblibliomnichannel commerce
Previous Post

4 Tim Asal Indonesia Siap Raih Gelar Juara di Laga Puncak Undawn All Star

Next Post

Kehadiran Fintech P2P Lending Permudah UMKM Peroleh Modal Usaha

Related Posts

Blibli dan Grab Hadirkan Green Delivery, Prioritaskan Layanan Dengan Kendaraan Ramah Lingkungan
Headline

Blibli Jaga Pertumbuhan Bisnis Dengan Ekosistem Perdagangan Omnichannel

15 September 2025
0
Perkuat Layanan Omnichannel Commerce Mekari Akuisisi Desty
Headline

Perkuat Layanan Omnichannel Commerce Mekari Akuisisi Desty

28 Agustus 2025
0
aplikasi Blibli
Headline

Blibli Bukukan Pendapatan Rp4,9 Triliun, Tumbuh 25% di Kuartal II 2025

4 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
stimulus kredit UMKM

Kehadiran Fintech P2P Lending Permudah UMKM Peroleh Modal Usaha

Aplikasi inDrive

inDrive Jadi Aplikasi Ride-Hailing Paling Banyak Diunduh Kedua di Dunia

pendanaan startup

Prospek Pendanaan Startup Tahun 2024

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version