Sabtu, 15 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Tiga Faktor Penentu Keberhasilan Startup

5 April 2016
in News
Reading Time: 1 min read
KUR Bagi Usaha Rintisan, Efektifkah?

(Foto: Ilustrasi/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Membangun bisnis dengan kategori startup atau usaha rintisan berbasis teknologi ini perlu dilakukan secara hati–hati. Ada tiga faktor penentu kerberhasilan dan kelangsungan usaha ini. 

Vice President CyberAgent Ventures, Inc Steven Vanada memberikan masukan bagi para perintis startup pada acara Google for Mobile, belum lama ini di Jakarta. Kamis 31 Maret 2016.
Steven mengatakan dalam bisnis startup para pendiri atau founder perlu memperhatikan dengan seksama 5 hingga 10 orang pertama yang bergabung dalam perusahaan.  Menurutnya orang-orang pertama yang bergabung dalam perusahaan startup merupakan manusia-manusia penentu budaya kerja perusahaan tersebut kedepannya.

”Mereka yang bakal bikin culture perusahaan,” kata Steven Keberadaan para pendiri ini akan membentuk pola bagaimana perusahaan berusaha mencapai tujuan utamanya.

Baca juga :   Program SheInspire, Berdayakan Warga Binaan di 10 Lapas Perempuan

Kedua, jangan lakukan pengeluaran berlebihan. Steven menyampaikan banyak bisnis startup mengalami kendala pada bagian pendanaan. Kendala ini muncul bukan hanya karena kekurangan dana modal, namun terkadang terjadi karena memiliki pos pengeluaran yang terlalu besar.

Terkadang banyak biaya yang tidak terlalu perlu dikeluarkan secara berlebihan oleh perusahaan startup saat dalam proses merintis. Pengeluaran berlebihan bisa mengakibatkan perusahaan dalam kesulitan keuangan dikemudian hari.

Ketiga, selalu perhatikan masukan konsumen. Associate dari East Venture lembaga pendanaan startup, Melisa Irene menambahkan sering kali sebuah bisnis startup terlalu egois dengan pandangan pribadi mereka.

Para perintis startup tersebut memilih untuk tidak mendengar masukan konsumen dengan alasan pemikiran mereka jauh lebih baik dibandingkan dengan masukan dari konsumen.

”Ini pemikiran yang salah, di Indonesia konsumen suka dilayani dan didengar,” kata Melisa. Sehingga mendegarkan atau setidaknya mempertimbangkan masukkan konsumen merupakan langkah wajib yang harus dilakukan bisnis startup untuk membuat usahanya terus berkembang.

Baca juga :   Upaya Nestlé Wujudkan 10 Juta Anak Muda Memiliki Akses pada Peluang Ekonomi

 

STEVY WIDIA

Tags: bisniskonsumenpendiri startupstartupusaha
Previous Post

Tim Robotik Unissula Juara di Amerika

Next Post

Dongkrak Wisatawan, Kemenpar Gelar Festival Kuliner Nusantara

Related Posts

Menperin Dorong Gerakan Startup Digital Untuk Generasi Muda
Headline

Percepat Transformasi Ekonomi Digital Pemerintah Harus Berkolaborasi Dengan Startup

14 November 2025
0
Grab Berinvestasi Pada Startup Penyedia Teknologi Teledriver
Headline

Grab Berinvestasi Pada Startup Penyedia Teknologi Teledriver

12 November 2025
0
Program Japan Thematic Fund, Kolaborasi Bisnis dan Platform Berkelanjutan Bagi Startup
Headline

Program Japan Thematic Fund, Kolaborasi Bisnis dan Platform Berkelanjutan Bagi Startup

6 November 2025
0
Load More
Next Post
Dongkrak Wisatawan, Kemenpar Gelar Festival Kuliner Nusantara

Dongkrak Wisatawan, Kemenpar Gelar Festival Kuliner Nusantara

Dorong Smart City di Sukabumi

Dorong Smart City di Sukabumi

UOB Kucurkan US$ 1 Juta Dollar Untuk Startup

Kemudahan Pajak Bagi Investor Startup

Discussion about this post

Recent Updates

Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

15 November 2025
myBCA

Mudahkan Transaksi Cashless Berbasis IoT, BCA Rilis myBCA untuk Smartwatch

15 November 2025
Agrinas Jaladri

Agrinas Jaladri Dorong Model Kemandirian Pangan dan Ekonomi Desa Lewat TJSL Berbasis Digital

15 November 2025
skandal crowde

Ketika Modal Petani Menguap: Mengurai Skandal dan Kejatuhan Crowde

15 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

Pemenang Hackathon 2025 Hadirkan Solusi Inovatif Untuk Diterapkan di Dunia Nyata

15 November 2025
myBCA

Mudahkan Transaksi Cashless Berbasis IoT, BCA Rilis myBCA untuk Smartwatch

15 November 2025
Agrinas Jaladri

Agrinas Jaladri Dorong Model Kemandirian Pangan dan Ekonomi Desa Lewat TJSL Berbasis Digital

15 November 2025
skandal crowde

Ketika Modal Petani Menguap: Mengurai Skandal dan Kejatuhan Crowde

15 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version