Tiga Langkah Google Dukung 100 Ribu Pengembang Tanah Air

YOUNGSTER.id - YOUNGSTERS.id – Perusahaan raksasa Internet Google berjanji akan membantu pelatihan pengembang (developer) aplikasi mobile di Indonesia. Jumlah pengembang yang ditargetkan mendapat bantuan mencapai 100.000 developer hingga tahun 2020 mendatang.

Adapun tiga langkah yang akan ditindaklanjuti oleh Google untuk mencapai bantuan tersebut, adalah, pertama, Google akan bermitra dengan perguruan tinggi untuk menjangkau mahasiswa ilmu komputer di tahun terakhir mereka dan menerapkan kurikulum selama satu semester mengenai cara mengembangkan aplikasi Android yang berkualitas tinggi.

Kedua, Google tengah menerjemahkan semua kursus Udacity terpenting ke Bahasa Indonesia untuk menjangkau siapa pun yang ingin mewujudkan ide membuat aplikasi. Kursus ini diajar oleh instruktur ahli dari tim Developer Relations Google dan dapat diakses gratis dari mana saja di perangkat apa saja. Konten yang diterjemahkan ini diharapkan akan mempermudah calon pengembang di Indonesia untuk mulai berkarya.

Ketiga, Google akan memperpanjang sesi komunitas studi yang telah sukses, dikenal dengan nama Indonesia Android Academy. Ini adalah kelompok belajar yang lebih intensif dan dipimpin oleh fasilitator yang juga menyediakan bimbingan bagi pengembang pada semua tingkatan.

Kelompok ini akan didirikan di lima kota, yaitu Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta, untuk menjangkau masyarakat seluas mungkin.

 

Komitmen Google Dorong Kewirausahaan Muda di Indonesia

Selama ini, Google telah menunjukkan komitmennya dalam mendorong dan membantu tumbuhnya semangat kewirausahaan, terutama di kalangan anak muda di Indonesia. Beberapa program Google untuk mendukung kewirausahaan itu seperti Google HackFair, yang diadakan setiap tahun mengumpulkan para pengembang untuk memamerkan aplikasi rancangan mereka dengan sorotan khusus pada inovasi-inovasi unik karya anak bangsa.

Juga, program Launchpad yang memberi keterampilan mulai dari pemasaran, merancang UI/UX, hingga cara menjual ide bisnis. Google Developer Groups (GDG) juga memberikan ruang bagi komunitas pengembang di enam kota di Indonesia.

Lagi, Google Play yang menyediakan platform global untuk mengubah aplikasi menjadi usaha sukses yang dapat menjangkau lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia. Belum lama ini Google menurunkan harga minimum aplikasi, game, dan produk dalam aplikasi berbayar di Google Play dari Rp 12.000 ke Rp 3.000 agar para pengembang dapat menjangkau lebih banyak orang.

 

ANGGIE ADJI SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA