Kamis, 22 Mei 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Tiga Perubahan Perilaku Konsumen di Era Pandemi

2 November 2020
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Qoala

Chief Operating Officer (COO) Qoala, Tommy Martin dan Chief Executive Officer (CEO) Qoala Harshet Lunani. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sudah berlangsung lebih dari tujuh bulan. Salah satu dampaknya yakni adanya perubahan perilaku masyarakat dalam mengkonsumsi barang dan jasa. Perusahaan teknologi asuransi Qoala mencatat, ada tiga perubahan perilaku konsumen yang nyata terjadi.

Co-founder sekaligus Chief Operating Officer (COO) Qoala, Tommy Martin mengatakan, banyak kegiatan sehari-hari dilakukan secara online dan pemenuhan kebutuhan secara digital. Hal itu membawa perumbahan perilaku konsumen.

“Perubahan pertama, konsumen kini fokus pada hal yang sifatnya esensial dan penting dengan memikirkan value atas barang yang dibeli. Kedua, karena saat ini kegiatan berupa interaksi fisik tidak bisa dilakukan, adopsi digital sangat penting. Ketiga, kesehatan menjadi top of mind, muncul kekhawatiran terkait potensi penularan Covid-19 terhadap diri sendiri dan keluarga,” ungkap Tommy dalam webinar bertajuk ‘Pandemic Survival Kit: Asuransi dan Pengembangan Dana’ yang digelar akhir pekan lalu.

Baca juga :   Ruangguru Gelar Program Holistik #PelatnasUTBK, Bantu Pelajar Hadapi UTBK-SBMPTN

Tommy menjelaskan, perubahan perilaku konsumen juga berimplikasi pada industri asuransi. Jalur distribusi asuransi yang biasanya offline, otomatis terkena dampak karena adanya social distancing. Perusahaan asuransi harus menerapkan strategi digital agar konsumen tetap bisa mendapatkan akses terhadap produk asuransi.

“Di sini lah kemudian Qoala sebagai insurtech berperan. Kami membangun  teknologi dan bekerja dengan platform digital. Qoala membantu perusahaan asuransi untuk memasarkan produk asuransi secara online. Kerja sama ini juga meliputi pengembangan dan pemasaran produk asuransi yang cocok untuk kondisi saat ini, salah satunya asuransi Covid-19 dan perlindungan untuk UMKM,” kata Tommy.

Selain Tommy, yang menjadi narasumber dalam webinar ini yaitu Chief Marketing Officer Akseleran, Andri Madian dan Finance Director Great Eastern Life Indonesia, Fauzi Arfan.

Senada dengan Tommy, Finance Director Great Eastern Life Indonesia, Fauzi Arfan mengatakan, pandemi memberikan dampak pada pola hidup, sehingga risiko kesehatan semakin besar. Hal ini menegaskan pentingnya memiliki asuransi sebagai kebutuhan dasar untuk bertahan di situasi yang menantang ini.

Baca juga :   Grab dan Kudo Hasilkan Kinerja Positif

“Sampai dengan hari ini, kondisi Covid-19 masih belum terkategorikan stabil atau terkontrol. Masyarakat masih dihantui perasaan cemas kapan pandemi Covid-19 ini berakhir. Tentunya diperlukan perlindungan dari berbagai risiko yang dapat terjadi baik risiko finansial maupun risiko kesehatan yaitu dengan memiliki proteksi asuransi untuk menghadirkan ketenangan pikiran,” tambah Fauzi.

Sedangkan Chief Marketing Officer Akseleran, Andri Madian menyampaikan, melalui platform fintech berbasis Peer to Peer (P2P) Lending diharapkan mampu memberikan alternatif pengembangan dana yang cocok bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Menurut Andri, Akseleran tidak hanya membuka akses permodalan seluas-luasnya kepada sebanyak mungkin pelaku usaha di negeri ini, namun juga tetap berusaha memberikan akses pendanaan kepada masyarakat dari mulai yang terbawah sampai yang teratas di mana setiap orang dapat memberikan pendanaan kepada berbagai usaha dengan nilai nominal mulai dari Rp 100 ribu dan imbal hasil yang diperoleh mencapai hingga 21% per tahun.

Baca juga :   Group Akseleran Salurkan Pinjaman Usaha Rp2,13 Triliun

“Jadi melakukan pendanaan di Akseleran mulai dari kecil-kecilan dulu nggak apa-apa, mulai dari 100 ribu rupiah tapi mulainya sekarang karena ada efek waktu atau compounding interest sehingga semakin cepat memulai akan semakin besar keuntungan yang didapat. Selain itu, masyarakat yang masih banyak melakukan pekerjaannya dari rumah dan mau melakukan pendanaan di Akseleran semakin dimudahkan karena bisa melalui aplikasi dari smartphone-nya. Dan sebagian besar pinjaman yang ada di Akseleran sudah terproteksi oleh asuransi kredit juga beragunan sehingga tingkat risikonya terukur,” tambah Andri.

 

STEVY WIDIA

Tags: Akseleraninsurtechperilaku konsumenQoala
Previous Post

Satu Tahun Pengabdian Menteri BUMN Dorong BUMN untuk Gencar Berinvestasi Demi Value Creation dan Peningkatan Daya Saing

Next Post

100 Pelari Tempuh 86 KM Demi Bangun Sarana Air Bersih di Nusa Tenggara Timur

Related Posts

Proyeksi Ramadan 2025: 69% Masyarakat Memilih Berbelanja Offiline, Tunai Jadi Metode Pembayaran Utama
News

Proyeksi Ramadan 2025: 69% Masyarakat Memilih Berbelanja Offiline, Tunai Jadi Metode Pembayaran Utama

17 Februari 2025
0
MDI
Headline

Portofolio MDI Ventures Adalah Startup yang Berdampak dan Berkelanjutan

10 Februari 2025
0
Qoala x PaperID
News

Optimalisasi Operasional Keuangan, Qoala Adopsi Fitur Supplier Portal Milik Paper.id

5 Desember 2024
0
Load More
Next Post
100 Pelari Tempuh 86 KM Demi Bangun Sarana Air Bersih di Nusa Tenggara Timur

100 Pelari Tempuh 86 KM Demi Bangun Sarana Air Bersih di Nusa Tenggara Timur

Urban Farming Bisa Menjadi Solusi Pertanian yang Berkelanjutan

Urban Farming Bisa Menjadi Solusi Pertanian yang Berkelanjutan

11 Anak Muda Raih SATU Indonesia Awards 2020

11 Anak Muda Raih SATU Indonesia Awards 2020

Discussion about this post

Recent Updates

ecommerceloka

Seiring Pemulihan Pariwisata, Startup ecommerceloka Siap Bantu Pemasaran Mitra Properti

22 Mei 2025
Indonesia Jadi Pasar Kunci Bagi Wisata Medis Eksklusif Jepang di Asia Tenggara

Indonesia Jadi Pasar Kunci Bagi Wisata Medis Eksklusif Jepang di Asia Tenggara

22 Mei 2025
startup Ringkas

Startup Ringkas Kantongi US$5,1 Juta dalam Pendanaan Putaran Pra-Seri A

22 Mei 2025
Riset

Kompetisi Riset Nasional 2025, Upaya Perkuat Ekosistem Riset Data-Driven di Indonesia

22 Mei 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

21 Maret 2019
Sylvia Surya

Sylvia Surya : Sukses “Mengembangbiakan” Kedai Kopi Melalui Cara Waralaba

14 April 2022
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
ecommerceloka

Seiring Pemulihan Pariwisata, Startup ecommerceloka Siap Bantu Pemasaran Mitra Properti

22 Mei 2025
Indonesia Jadi Pasar Kunci Bagi Wisata Medis Eksklusif Jepang di Asia Tenggara

Indonesia Jadi Pasar Kunci Bagi Wisata Medis Eksklusif Jepang di Asia Tenggara

22 Mei 2025
startup Ringkas

Startup Ringkas Kantongi US$5,1 Juta dalam Pendanaan Putaran Pra-Seri A

22 Mei 2025
Riset

Kompetisi Riset Nasional 2025, Upaya Perkuat Ekosistem Riset Data-Driven di Indonesia

22 Mei 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version