Tiga Startup Digital Besut Komunitas Pahlawan UKM

[Kiri ke Kanan] Marketing Manager Sleekr Diana Octavia, Head of Community Moka Jafar Fakhry dan Head of Communication KoinWorks Debby Lufiasita, dalam acara peluncuran Komunitas Pahlawan UKM (Foto: Eddy D. Iskandar/youngster.id)

youngster.id - Sejatinya, baru 8% dari 59 juta UKM di Indonesia yang telah mengoperasikan usahanya melalui media online. Menyadari ketimpangan itu, tiga perusahaan digital di Indonesia, yaitu Moka, Sleekr dan KoinWorks meluncurkan komunitas bertajuk Pahlawan UKM (PUKM). 

Dijelaskan Achmad Ja’far Al Fakhry, Ketua Operasional Komunitas PUKM sekaligus Head of Community and Event MokaPOS, kehadiran komunitas ini ditujukan untuk mentransformasi para pelaku UKM Indonesia agar mampu memajukan usaha yang digelutinya. Dengan begitu, komunitas ini diharapkan menjadi wadah edukasi bagi UKM agar menjadi melek digital, mulai dari literasi terhadap fitur-fitur operasional bisnis secara daring hingga pemasaran digital melalui media sosial.

“Kami bertiga berharap agar komunitas ini dapat memberikan dampak yang signifikan bagi UKM Indonesia. Pada dasarnya, penerapan dari platform digital dapat memberikan keuntungan yang variatif bagi UKM, tidak hanya dari cakupan (reach) tetapi juga hingga ke aktivitas operasional hingga pendanaan,” jelas Achmad, pada peluncuran Komunitas PUKM, Selasa (14/8) di Jakarta Creative Hub Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Baca juga :   Dukung Bisnis UKM, XL Axiata dan Sleekr Jalin Kerja Sama

Komunitas PUKM ini menawarkan beberapa program kolaborasi yang fungsional bagi UKM Indonesia. Pertama, Kolaborasi Program lewat pembuatan konten edukatif dalam bentuk seminar maupun workshop. Melalui program ini, Komunitas PUKM akan menyelenggarakan ragam acara dengan konten yang berlandaskan pada penggunaan fitur digital di berbagai industri UKM Indonesia.

Kedua, Support Program dimana Komunitas PUKM akan bertindak sebagai pendukung dalam sebuah acara edukatif yang diselenggarakan oleh komunitas atau pihak di luar Komunitas PUKM. Terlepas dari dua program kolaborasi di atas, nantinya anggota Komunitas PUKM akan mendapatkan variasi keuntungan yang aplikatif bagi pengembangan usaha mereka. Keuntungan aplikatif ini hadir dari tiga perusahaan pendiri Komunitas PUKM.

Mulai dari Moka, yang merupakan penyedia layanan Point of Sale (POS) berbasis digital, diikuti dengan Sleekr sebagai perusahaan penyedia platform bisnis berbasis komputasi awan dalam pengelolaan manajemen akuntansi keuangan dan karyawan (SDM). Turut bergabung pula KoinWorks sebagai penyedia layanan finansial pinjaman dengan sistem P2P Fintech Lending.

Dengan diresmikannya Komunitas PUKM, diharapkan 55,6 juta UKM Indonesia dapat memiliki tambahan akses edukatif untuk mengembangkan usaha mereka melalui penerapan teknologi digital. Oleh karena itu, Pahlawan UKM akan terus berpegang teguh terhadap misinya sebagai wadah edukatif dan fungsional untuk membantu UKM Indonesia agar Go Digital.

Baca juga :   Tahun 2018 Sleekr Siap Ekpansi Bisnis

“Komunitas Pahlawan UKM Indonesia memiliki target agar mampu menjadi pondasi penting bagi pertumbuhan pelaku UKM Indonesia. Maka dari itu, sebagai komunitas bisnis yang berfokus pada literasi digital maupun offline, kami hadir sebagai pendukung utama dalam perkembangan bisnis mereka,” ujar Debby Lufiasita, Head of Communications KoinWorks.

 

EDDY DWINANTO ISKANDAR