youngster.id - Tren memilihara hewan eksotis terutama reptil mengalami peningkatan di Indonesia. Hal ini terlihat dari semakin seringnya penyelenggaraan pameran dan kontes hewan eksotis ini di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini mendorong TIKI meluncurkan layanan TIKI Kirim Reptil Express (Tirex). Dengan layanan ini, TIKI menjadi jasa kurir ekspres pertama yang memiliki prosedur resmi untuk pengiriman reptil seperti kadal, iguana, kura-kura, dan ular.
Direktur National & Network TIKI Ahmad Ferwito mengatakan, TIKI telah memiliki rekam jejak yang mumpuni dalam pengiriman makhluk hidup, seperti ikan hias dan tanaman hias. Bahkan perusahaan ekspedisi ini menjadi satu-satunya jasa kurir yang memiliki instalasi karantina mandiri untuk ikan hias yang mendapat izin Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM).
“Kehadiran TIKI TIREX merupakan inovasi dari kami untuk terus mengikuti perkembangan pasar dan terus menjadi mitra pengiriman terpercaya untuk masyarakat Indonesia,” kata Ahmad pada Rabu (23/10/2024) di Jakarta.
Layanan TIKI Tirex terbuka untuk tujuan seluruh Indonesia, dengan tiga pilihan produk, yaitu Over Night Service (ONS) untuk pengiriman satu hari sampai, Same Day Service (SDS) tiba di hari yang sama, dan Regular (REG) dengan biaya lebih ekonomis dan estimasi waktu 2-3 hari kerja.
Head of Operations and IT TIKI, Edwin Widiantoro menambahkan, layanan Tirex dilengkapi dengan fasilitas asuransi yang memberikan proteksi atas risiko kehilangan, kerusakan, atau hal-hal tak terduga lainnya dengan nilai penggantian maksimal sebesar Rp5 juta.
“Untuk menggunakan layanan ini, TIKI hanya menerapkan minimum berat 1 kg dan menerima pengiriman reptil tak berbisa. Pengirim ini juga memperhatikan prosedur pengiriman terkait transparansi atas isi dan jenis reptil yang akan dikirimkan. Reptil dengan jenis berbeda harus dikemas terpisah dan akan mendapatkan nomor resi pengiriman yang berbeda. Jika terdapat jenis hewan reptil yang dilarang untuk dikirim, TIKI akan meretur kiriman tersebut kepada pengirim,” paparnya.
Layanan Tirex ini melengkapi rekam jejak dalam pengiriman makhluk hidup, seperti ikan hias dan tanaman hias. Bahkan TIKI menjadi satu-satunya jasa kurir yang memiliki instalasi karantina mandiri untuk ikan hias yang mendapat izin Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM).
Kehadiran layanan TIKI Tirex ini mendapat sambutan positif dari pelaku bisnis reptil Fakhri Auzan. Pendiri dan Direktur Repjak ini mengungkapkan sudah menjalankan bisnis jual beli reptil terutama jenis Gecko, Kura Kura Brazil dan Kodok Pacman sejak 2012. Tiap bulannya, Repjak dapat menjual sampai dengan 300 ekor Gecko, belum termasuk kodok dan kura-kura air.
“Berkat kehadiran layanan TIKI Tirex ini kami sangat terbantu untuk melakukan pengiriman ke seluruh Indonesia, termasuk ke Papua,” ujarnya.
Tentu dia menekankan, reptil yang akan dikirimkan dalam kondisi yang prima. Untuk pengemasan juga dilakukan sesuai dengan standar kesejahteraan hewan agar tetap aman selama perjalanan.
“Reptil yang sakit atau stres dapat menjadi agresif dan berbahaya. Jika memungkinkan, latih reptil agar terbiasa dengan kondisi yang tidak ideal seperti ketika dalam pengiriman. Perhatikan kontainer yang digunakan agar sesuai dengan ukuran, dan kondisi lingkungan Tempelkan juga label pengiriman dengan jelas di luar kontainer, termasuk label peringatan “Hewan Hidup”, dan “Tangani dengan Hati-Hati”. Periksa kembali kontainer dan kardus untuk memastikan keamanan, dan label pengiriman sudah terpasang dengan benar,” jelasnya.
STEVY WIDIA