TIKI Perkuat Tranformasi Digital Untuk Lebih Relevan Dengan Generasi Digital

(ki-ka) Direktur National & Network TIKI Ahmad Ferwito, Mitra TIKI Bekasi Rizka Sari Yuliani, Direktur Utama TIKI Yulina Hastuti dan Mitra TIKI Purwokerto Rizki Budi Aditya, (Foto: stevywidia/youngster.id),

youngster.id - Sebagai generasi yang sangat dekat dengan teknologi, konsumen muda menuntut layanan logistik yang serba cepat, mudah, dan transparan. Menjawab kebutuhan tersebut, TIKI terus memperkuat transformasi digitalnya melalui pengembangan aplikasi TIKI, platform berbasis aplikasi dan sistem tracking real-time yang memudahkan konsumen memantau setiap tahap pengiriman.

Direktur Utama TIKI Yulina Hastuti mengatakan, langkah ini tidak hanya meningkatkan efisiensi, tetapi juga menciptakan pengalaman layanan yang relevan dengan gaya hidup generasi digital.

“Transformasi digital yang kami jalankan bukan hanya soal teknologi, tetapi tentang bagaimana TIKI bisa semakin dekat, relevan, dan menjadi solusi nyata bagi kebutuhan logistik masyarakat, khususnya generasi muda dan pelaku bisnis yang dinamis,” katanya pada Rakornas Mitra sekaligus merayakan 55 Tahun TIKI, Rabu (3/9/2025) di Jakarta.

Menurut Yulina, selain digitalisasi, TIKI juga menghadirkan inovasi layanan yang fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan beragam konsumen muda, mulai dari pengiriman instan, layanan kargo, hingga solusi kreatif untuk hobi dan komunitas, seperti layanan pengiriman reptil (TIREX), ikan (SRP), tanaman & buah-buahan (DAT), dan makanan beku (FROOZY).

“Inovasi ini menegaskan komitmen TIKI untuk selalu dekat dengan konsumen muda, tidak hanya sebagai penyedia layanan logistik, tetapi juga sebagai mitra yang memahami dinamika gaya hidup mereka,” ucapnya.

Dalam rangka menyambut HUT ke-55, TIKI menghadirkan Promo Istimewa Antar (PINTAR) yang ditujukan khusus bagi mahasiswa yang tengah memulai tahun ajaran baru. Yuliana mengatakan, melalui promo ini, TIKI ingin membantu para mahasiswa yang perlu mengirimkan berbagai kebutuhan perkuliahan mereka dengan lebih mudah dan hemat.

Selama periode 3–21 September 2025, mahasiswa dapat memanfaatkan layanan Same Day Service (SDS) dan Over Night Service (ONS) dengan diskon 30% untuk pengiriman dari Jakarta ke berbagai kota kampus. Promo berlaku dengan minimum pengiriman 10 kg serta menunjukkan Kartu Identitas Mahasiswa. Tidak hanya itu, TIKI juga memberikan layanan penjemputan gratis ke lokasi pengirim untuk pengiriman minimal 20 kg.

“Promo khusus mahasiswa ini sekaligus mencerminkan komitmen TIKI untuk senantiasa hadir dekat dengan generasi muda,” ujarnya.

TIKI juga terus mengedepankan bisnis berkelanjutan dengan meneruskan model bisnis kemitraan di berbagai daerah. Saat ini, TIKI memiliki jaringan luas yang mencakup lebih dari 500 kantor perwakilan, 3.700 gerai, dan 69 cabang di kota-kota besar, yang sebagian besar dikelola bersama mitra lokal.

“Pola kemitraan ini tidak hanya memperluas jangkauan layanan, tetapi juga memberikan kesempatan bagi putra-putri daerah untuk berkembang sebagai wirausaha. Dengan semangat kekeluargaan yang menjadi dasar kemitraan, TIKI mendampingi para mitra untuk berkembang bersama—dari membangun usaha,memperkuat sinergi, hingga menghadirkan layanan logistik terpercaya di seluruh Indonesia,” ungkap Yulina lagi.

Salah satu mitra TIKI yang telah generasi kedua adalah Rizka Sari Yuliani. Perempuan yang jadi pimpinan Agen Utama TIKI Bekasi ini meneruskan kemitraan dari orang tuanya dengan TIKI yang telah terjalin sejak tahun 1997.

“Bagi saya, TIKI lebih dari sekadar bisnis—TIKI adalah keluarga. Semangat kekeluargaan yang hangat sekaligus profesional terasa nyata di antara para mitra, menjadi kekuatan TIKI selama lebih dari 55 tahun. Di sini, bisnis kurir tidak hanya soal mengantar paket, tetapi juga bagaimana kita bisa menjadi mitra strategis bagi pelanggan. TIKI terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi untuk mendukung para mitra dalam mengelola usaha dan menghadapi tantangan di era digital,” katanya.

Hal senada juga disampaikan , Rizki Budi Aditya, Pimpinan Agen Utama TIKI Purwokerto. “Bermitra dengan TIKI selalu meninggalkan kesan yang baik. Perusahaan terus berinovasi dan menghadirkan layanan terbaik, sehingga bisnis kami dapat berkembang, dikenal, dan dihargai masyarakat Indonesia,” ujarnya.

 

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version