TikTok Hadirkan Panduan Melawan Cyber Bullying

Peluncuran Panduan “Sama-Sama Aman, Sama-Sama Nyaman”. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Hasil riset Polling Indonesia bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengatakan ada sekitar 49% netizen yang pernah menjadi sasaran bullying di media sosial. Angka ini diperoleh dari hasil survei yang dilakukan kepada pengguna internet di Indonesia selama periode Maret hingga April 2019 lalu.

Data ini semakin menggambarkan bagaimana pentingnya para pengguna internet, khususnya anak muda, untuk melindungi diri dari cyber bullying. Para penyedia platform media sosial pun mulai peduli akan hal ini.

Salah satunya, TikTok, platform video singkat bekerjasama dengan Sudah Dong, sebuah gerakan dan komunitas anti-bullying meluncurkan panduan bertajuk “Sama Sama Aman, Sama Sama Nyaman” untuk ajak pengguna ciptakan lingkungan internet yang positif.

“TikTok menyediakan platform bagi siapapun untuk mengekspresikan kreativitasnya. Untuk itu, prioritas utama kami adalah memberikan lingkungan yang aman, di mana semua orang dapat merasa nyaman saat mengekspresikan dirinya secara terbuka dan kreatif. Oleh karena itulah kami menciptakan panduan ini, dimana pengguna mendapatkan tips mengenai cara hadapi cyber bullying secara umum, serta fitur-fitur keamanan di TikTok,” kata Donny Eryastha, Head of Public Policy, TikTok Indonesia pada Selasa (11/2/2020) di Jakarta.

Peluncuran itu tepat pada Hari Internet aman Sedunia (Safer Internet Day). Inisiatif dari EU SafeBorders itu dirayakan di sekitar 150 negara di seluruh dunia. Hari ini digunakan untuk menekankan penggunaan teknologi yang positif dan untuk mengeksplorasi peran semua pemangku kepentingan dalam menciptakan komunitas internet yang lebih baik dan lebih aman.

Katyana Wardhana, Pendiri Komunitas Sudah Dong mengatakan, berkolaborasi dengan TikTok dapat memberikan kontribusi dalam menjaga kenyamanan pengguna TikTok yang didominasi oleh anak muda.

“Panduan ini memberikan informasi yang mudah dipahami, mengenai apa itu bullying, langkah apa yang perlu dilakukan jika menyaksikan aksi bullying, tips menggunakan internet dengan cerdas, dan juga berbagai fitur keamanan yang tersedia di dalam aplikasi TikTok untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penggunanya,” ucapnya.

Panduan “Sama-Sama Aman, Sama-Sama Nyaman” dapat diakses di website resmi Sudah Dong, mulai tanggal 11 Februari 2020. TikTok juga bekerjasama dengan sejumlah kreator di TikTok untuk mengunggah video yang mengkampanyekan anti-cyber bullying dan dapat dilihat melalui tagar #samasamanyaman.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version