TikTok Jadi Aplikasi Dengan Pendapatan Tertinggi di Dunia

Pengguna TikTok berbagi ilmu bisnis. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perusahaan riset pasar aplikasi Sensor Tower merilis laporan 10 aplikasi dengan pemasukan tertinggi di dunia pada Agustus 2020. Total nilai transaksi pengguna secara global pada periode itu mencapai lebih dari US$ 50 miliar atau sekitar Rp 738 triliun.

Dalam laporat tersebut, TikTok menjadi aplikasi terlaris dengan pemasukan lebih dari US$ 88,1 juta atau sekitar Rp 1,29 triliun. Angka itu setara dengan pertumbuhan 6,3 kali lipat daripada periode yang sama pada tahun 2019.

“Sekitar 85% pendapatan TikTok berasal dari Douyin [aplikasi TikTok versi Tiongkok], diikuti oleh 7,8% pengguna Amerika Serikat dan 1,4% pengguna Turki,” ungkap Julia Chan, Mobile Insights Analyst di Sensor Tower, dikutip dari laporan perusahaan baru-baru ini.

Posisi kedua ditempati YouTube dengan pemasukan lebih dari US$ 83,9 juta atau sekitar Rp 1,23 triliun. Angka itu mewakili pertumbuhan tahunan sebanyak 54,8% dari Agustus 2019.

“Sekitar 55% pendapatan YouTube berasal dari AS, diikuti oleh 13% dari Jepang. Aplikasi terlaris berikutnya adalah Tinder, diikuti oleh Tencent Video dan Piccoma,” kata Julia lagi.

STEVY WIDIA

Exit mobile version