Tim Mahasiswa ITB Juara I Di Kompetisi SPE PDPU Fest 2017

Tim Mahasiswa Teknik Geologi ITB di SPE PDPU SC. (Foto: ITB/Youngster.id)

youngster.id - Tim Mahasiswa Teknik Geologi ITB kembali mengukir prestasi dengan menjadi juara pertama pada dua kategori lomba ang diselenggarakan oleh Society of Petroleum Engineering Pandil Deenayal Petroleum Univeristy Student Chapter (SPE PDPU SC).

Kategori pertama yakni Showcase (Paper and Poster Competition) yang dimenangkan oleh Rio, Fernaldy Sebastian Santoso, dan Betari Ayu Pramita (Teknik Geologi ITB 2015). Kategori kedua yaitu Geo-log (Geology Challenge) yang dimenangkan oleh Fernaldy Sebastian Santoso, Rio, serta Zaky indra Putra ramita (Teknik Geologi ITB 2015).

Lomba ini sendiri diselenggarakan di Ghandhinagar, Gujarat, India pada November 2017 lalu. Sebelum dinyatakan sebagai pemenang, Rio dan kawan-kawan telah melewati serangkaian tahapan seleksi yang terbilang sulit.

Dalam ajang ini, Rio dan tim mengangkat karya dengan tema pemetaan. Secara khusus, Rio dan tim memetakan pola persebaran rembesan gas dangkal di pesisir timur Sidoarjo. Selain itu, dalam karya tersebut dibahas juga berbagai jenis faktor geologi yang mengontrol pola persebaran rembesan tersebut.

“Keunggulan yang menghantarkan timnya menjadi pemenang terletak pada penyajian paper yang sederhana dan dapat dimengerti oleh multidisiplin ilmu. Selain itu, penyampaian gagasan pada saat kami presentasi didepan dean juri harus sederhana dan mudah dimengerti oleh semua pendengar, ” kata Rio dilansir laman ITB.

Selama mengikuti dan mempersiapkan lomba ini, Rio mengaku mengalami beberapa kendala. Kendala yang dialami oleh Rio dan tim terutama terkait dengan finansial. Rio menuturkan bahwa biaya yang dibutuhkan untuk keberangkatan ke India cukup besar. Tetapi, Rio dan tim merasa terbantu karena Program Studi Teknik Geologi ITB turut memberikan bantuan finansial sehingga Rio dan tim dapat mengikuti lomba di India. Kedepannya, Rio berharap ITB terus mendukung mahasiswanya dalam berbagai ajang dan perlombaan baik tingkat nasional maupun internasional.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version