Tim Robotik Indonesia Siap Berlaga di First Global Challenge 2022

Meparekraf Robotik

Menparekraf Sandiaga Uno menerima tim robot Indonesia R2045. (Foto: istimewa/Antara)

youngster.id - Tim Robotik R2045 Indonesia siap berlaga dalam First Global Challenge (FGD) 2022. Tim tersebut terdiri dari Riza Wahono sebagai Lead Coach R2045, Fatih sebagai Captain R2045, Ghazy sebagai Spokesperson R2045, dan Hanin untuk Team Carbon Counter Measure R2045. Mereka membawa robot Drybotnya Geomatika.

Lead Coach R2045 Riza Wahono mengatakan, tujuan partisipasi mereka dalam kompetisi ini adalah untuk mempersiapkan anak muda Indonesia menjadi leader sains dan teknologi di tahun 2045.

“Melalui robotic memberikan peluang untuk anak-anak muda menciptakan berbagai inovasi baru yang kreatif,” kata Riza dalam Weekly Brief with Sandi Uno secara virtual, Senin (12/9/2022).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendukung partisipasi tim robot Indonesia R2045 yang akan berkompetisi di ajang internasional First Global Challenge (FGC) 2022 di Jenewa, Swiss, pada 13-16 Oktober 2022.

“Kita patut mengapresiasi prestasi dan memberikan dukungan sebesar-besarnya untuk mereka berkompetisi dalam First Global Challenge (FGC) 2022 di Jenewa, Swiss. Kita berharap mereka dapat menjadi juara dalam kompetisi bergengsi ini,” kata Sandiaga.

Menparekraf ini mengatakan, tim R2045 sudah sejak dulu telah melakukan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi dalam membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Khususnya dalam menciptakan robot, di mana itu membuat bangga Indonesia.

“Kami berharap suatu saat inovasi yang mereka buat dapat dikembangkan dan mungkin saja berguna untuk mengembangkan pariwisata berkelanjutan,” terangnya.

Sandiaga juga meminta para peserta yang terlibat untuk menjadi agen promosi pariwisata Nusantara dengan menggaungkan Wonderful Indonesia. Hal itu guna lebih menarik banyak wisatawan mancanegara yang nantinya berkunjung ke Indonesia.

FGC merupakan kompetisi olimpiade robot terbesar di dunia. Event ini bertujuan membangun pemuda global masa depan. Tujuan lainnya yaitu memperkenalkan masalah atau tantangan dunia ke generasi muda seperti energi, akses air bersih, dan polusi. Setiap tim akan membangun sebuah robot yang dapat menjawab tantangan lomba sesuai tema yang ditentukan.

Tim Robot Indonesia R2045 akan berkompetisi pada sebuah game dengan tema carbon capture. Ini merupakan simulasi tantangan dunia dalam proses pembersihan CO2 akibat carbon foot print. Tim Robot Indonesia R2045 akan mengirimkan 30 anggota terbaik untuk berkompetisi dalam ajang tersebut. Ini merupakan kali kelima Tim Robot Indonesia R2045 berpartisipasi di ajang FGC.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version