Tim Roobics Tel-U Juara 3 Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016

Tim Roobics Tel-U Juara 3 Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016 (Foto: dok. Tel-U/Youngsters.id)

youngster.id - Tim Roobics dari Telkom University (Tel-U) berhasil meraih Juara 3 dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016 yang diselenggarakan oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), 1-4 Juni.

Eco-robot Black Pearl dan hybrid-robot Humpback adalah robot yang membawa Tim Roobics meraih gelar juara untuk kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI). Dua robot ini dikembangkan oleh Hendriadi Mukri (Teknik Telekomunikasi 2013), Andri Dwi Septian (Sistem Komputer 2014), Eduardus Antoni Setyawan (Teknik Elektro 2014), Alyani Durrah Fauzan (Teknik Elektro 2014), Khikmah Nur Dwi Nofanti (Teknik Elektro 2013), dan Robby Yanuar Setiadi (Teknik Elektro 2014).

Pada kategori ini, kedua tim diharuskan menyelesaikan pertandingan dalam waktu maksimal tiga menit. Setiap tim harus menyelesaikan pertandingan dengan melintasi zona lintasan dan memasangkan propeller di zona terakhir. Kerjasama yang apik antara eco-robot dan hybrid-robot sangat diperlukan untuk menyelesaikan misi ini.

Ketua Tim Roobics, Hendriadi Mukri mengatakan, timnya mempersiapkan kedua robot tersebut secara maksimal demi mengikuti lomba ini. “Kami bekerja dari pagi hingga malam dan ini yang terbaik yang bisa kami berikan. Perjuangan kami terbayar dengan berhasil mendapat gelar juara 3 ini,” ujarnya.

Sementara itu pada kategori KRAI, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil meraih juara 1, Politeknik Negeri Jember berhasil meraih juara 2, dan Universitas Negeri Jember berhasil menjadi Juara Harapan.

Sedangkan yang keluar sebagai juara Umum KRI 2016 adalah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Sebagai Juara Umum PENS berhak membawa pulang piala bergilir Prawara Eksha Nalin Syandana yang baru diperebutkan pada KRI 2016 ini. Pada tahun ini, KRI 2016 diikuti oleh sebanyak 114 tim dari 52 perguruan tinggi se-Indonesia. Mereka merupakan hasil seleksi dari empat regional yang sudah dilombakan sebelumnya.

Adapun kategori yang dilombakan adalah Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Beroda dan Berkaki, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), dan Ekshibisi Sepak Bola Beroda Indonesia (ERSBI).


STEVY WIDIA

Exit mobile version