Tim Tel-U Juara di Ajang Global Mobile Innovators Tournament 2016

SAMSUNG CAMERA PICTURES

youngster.id - Tim Telkom University (Tel-U) mampu mengukir prestasi di ajang bergengsi Global Mobile Innovators Tournament 2016 yang diselenggarakan oleh IBM 4YFN (4 Years From Now), AT&T, KPN, Rogers Communications, dan Vodafone di Fira Montjouic, Barcelona pada 22-25 Februari lalu.

Setelah bertarung dengan 9 (sembilan) tim dari berbagai negara pada tahap semifinal dua tim Tel-U, yakni Brainstat Studio yang mengusung konsep Transportation Safety dan tim Hoome yang mengusung konsep Smart Home berhasil lolos ke Barcelona hingga akhirnya berhasil menyisihkan empat finalis lainnya pada puncak acara.

Kedua tim tersebut terdiri dari 3 (tiga) mahasiswa program studi Informatika, 1 mahasiswa Teknik Elektro, 1 dosen Informatika, dan 1 dosen Fakultas Ilmu Terapan Tel-U.

Setelah melalui perjuangan, akhirnya Tim Brainstat Studio berhasil menjadi juara pertama pada kategori Connacted Travel & Transportation, dan Tim Hoome berhasil menjadi Best Innovation pada kategori Smart Homes and Buildings.

“Tim Brainstat Studio mampu memonitor kondisi driver, apakah lelah atau mengantuk, guna mencegah terjadinya kecelakaan. Sedangkan Tim Hoome melibatkan Internet of Things, mampu mengatur suasana rumah sesuai dengan kondisi orangnya,” ujar Said Al Faraby dari Kemahasiswaan Fakultas Informatika Tel-U.

Sajian solusi inovatif yang telah mereka lakukan, seperti dilansir pada laman web resmi developer.ibm.com, selain mendapatkan kesempatan untuk memamerkan hasil karyanya di IBM booth, mereka juga mendapatkan kesempatan besar untuk bertemu langsung dengan para investor di sana. Alhasil, kedua Tim Tel-U berhasil meraih simpatik dari Vodafone sebagai investor mereka saat ini.

“Vodafone akan membantu mewujudkan sebagai investor buat kami, semakin dekat ke jalan bahwa brainstat akan menjadi protocol standar keamanan transportasi dan Hoome akan menjadi rumah pintar pertama yang mengerti kita 100 persen,” ujar Dody Qori selaku dosen Fakultas Informatika sekaligus pembina kedua tim, dalam keterangan resmi yang diterima redaksi Youngsters.id, Senin (29/2).

 

ANGGIE ADJIE SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA

Exit mobile version