Tim UI dan ITB Raup Medali Emas Kompetisi Nasional MIPA 2020

Tim mahasiswa perwakilan UI yang meraih medali di KN-MIPA 2020. (Foto: istimewa)

youngster.id - Kontingen mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), mendominasi Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2020. Tim mahasiswa UI meraih empat medali emas, lima medali perak, dan satu medali perunggu dalam ajang yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sedang tim ITB unggul 1 medali emas.

Dalam kompetisi tersebut, ITB memboyong 5 medal emas, 3 perak, dan 3 perunggu, untuk 4 kategori keilmuan yakni Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Hal ini sekaligus menempatkan ITB pada rangking ke-1 untuk perolehan medali KN-MIPA Tahun 2020.

Para pemenang medali tersebut di antaranya Hudzaifah Alif Al Fatih Nasution, Muhamad Farhan Husain, Muhamad Morteza Mudrick, Ricky Linarto, I Putu Prakasa Wiprayoga, Alfred Patisenah, Muhamad Alif Aqsha, Akeyla Pradia Naufal, Bakuh Danang Setyo Budi, Ridwan Rizki Surgawan, dan Stefanus.

“Hal ini tentu membanggakan kita semua. Semoga dengan raihan prestasi ini bisa menginspirasi dan memotivasi mahasiswa ITB lainnya untuk semakin berprestasi. Terlebih, kegiatan kompetisi semacam ini jadi bagian penting dalam pengembangan kompetensi,” ucap Prasetyo Adhitama Direktur Direktorat Kemahasiswaan ITB di laman ITB.

Sementara Kontingen mahasiswa UI meraih 4 medali emas yaitu oleh Kelvin Tenata (FMIPA UI), Yuwanza Ramadhan (FMIPA UI); Abdullah Muqaddam (Fakultas Kedokteran (FKUI) dan Maria Celinna (FMIPA UI). Sementara, peraih medali perak adalah Andry Wijaya (FMIPA UI), Juan Daniel (FMIPA UI), Muhammad Fauzan Syahbana (FMIPA UI), Hilya Auliya (FMIPA UI), dan Syailendra Karuna Sugito (FKUI). Sedangkan untuk medali perunggu diperoleh Michael Lesa (FMIPA UI). Capaian tersebut menjadikan UI menempati juara umum kedua.

Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Rosari Saleh, menyebut raihan medali emas kontingen tahun ini meningkat daripada tahun lalu yang sebanyak tiga emas. Secara keseluruhan, UI menempati juara umum kedua di Kompetisi Nasional MIPA 2020.

“Diharapkan ajang ini menjadi wadah bagi para mahasiswa UI untuk mengembangkan keilmuannya, serta wawasan di bidang MIPA,” kata Rosari melalui keterangan tertulis, Rabu (16/9/2020).

Ajang yang dulu bernama Olimpiade Nasional MIPA itu digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara daring dan para pemenangnya ditetapkan 10 September 2020.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version