Tim UI Menangkan Shopee Ultimate Case Challenge

Shopee Ultimate Case Challenge

Tim Hooray UI juara Shopee Ultimate Case Challenge (Foto: Istimewa)

youngster.id - Tim Hooray dari Universitas Indonesia berhasil memenangkan Shopee Ultimate Case Challenge yang diselenggarakan Shopee Indonesia.

“Selamat kepada Tim Hooray atas proposal solusi mereka untuk soal kasus bisnis bagaimana meningkatkan bisnis ekspor Shopee ke Amerika Latin.  Mereka dan peserta lainnya di Shopee Ultimate Case Challenge telah memberikan masukan dan pandangan yang unik mengenai tantangan di dunia e-commerce yang sangat kompetitif. Kami harap kompetisi ini dapat membantu memperkenalkan para peserta lebih dekat lagi dengan industri e-commerce yang sudah menjadi aktivitas sehari-hari penduduk Indonesia,” ujar Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja.

Tim yang terdiri dari Gabrielle Angela Christie  (Akuntansi), Tasya Salensia (Ekonomi) dan Prudence Koemolontang (Hubungan Internasional) berhasil mengalahkan 2,217 peserta dari 216 universitas dan institusi. Termasuk mahasiswa Indonesia di 93 lembaga pendidikan di luar negeri.

Pada ajang tersebut Tim UI mengusulkan solusi untuk meningkatkan ekspor produk Indonesia ke Amerika Latin. Mereka mengidentifikasi tiga area yang mampu ditingkatkan: dimulai dengan product market & fit dengan mencari hero products serta penjual berkualitas khusus untuk pasar Amerika Latin; kemudian cara meningkatkan produk Indonesia dengan bahan-bahan berkualitas dan memberikan harga kompetitif; dan terakhir bagaimana menurunkan waktu pengiriman dengan economies of scale yang bisa dimulai dengan subsidi awal.

Sebagai pemenang, Tim Hooray mendapatkan hadiah sebesar Rp 20 juta dan akses ke jalur khusus seleksi Shopee Global Leaders Program. Sementara itu, Tim Arjuna dari Universitas Bina Nusantara, Universitas Indonesia, dan Universitas Katolik Parahyangan menempati posisi First Runner Up dengan hadiah sebesar Rp 12.5 juta, dan Tim Bebaslah dari Institusi Teknologi Bandung menempati posisi Second Runner Up dengan hadiah sebesar Rp 10 juta.

“Kami merasakan pengalaman yang inovatif serta mendapatkan pengetahuan baru selama proses mentoring. Dalam proses ini kami diberikan kasus bisnis nyata sehingga kami mendapatkan gambaran konkret tentang bagaimana cara industri e-commerce berjalan dan cara memberikan solusi yang bisa diimplementasikan secara langsung. Bagi kami yang masih duduk di bangku kuliah, seluruh proses kompetisi ini berhasil membuka pandangan kami tentang industri e-commerce dan juga menjadi bekal yang berguna untuk memasuki dunia kerja setelah lulus,” ujar Gabrielle Angela dari Tim Hooray.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version