Senin, 15 Agustus 2022
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Tingkat Kepercayaan Konsumen Akan Layanan Digital Masih Rendah

26 Juni 2019
in Headline, News
Reading Time: 3 mins read
Tingkat Kepercayaan Konsumen Akan  Layanan Digital Masih Rendah

Haris Izmee, Presiden Direktur Microsoft Indonesia (paling kiri) pada pemaparan Microsoft Studi IDC Rabu (26/6/2019) di Shangri-La Jakarta. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Berfokus pada kebutuhan yang kuat untuk membangun kepercayaan di kawasan ini, Studi dari Microsoft dan IDC Asia Pasifik, Understanding Consumer Trust in Digital Services in Asia Pacific mengungkapkan bahwa kurang dari setengah (44%) konsumen di Indonesia percaya bahwa data pribadi mereka akan dikelola dengan baik oleh organisasi layanan digital. 

Ekosistem ekonomi digital bertumbuh pesat di Indonesia. Ini ditandai dengan kemunculan perusahaan rintisan atau startup yang mencapai 2.079 startup e-commerce dan penyedia layanan digital lain yang terus menawarkan inovasi produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen, yang mulai bertransaksi secara digital. 

Pada saat yang sama, konsumen juga menjadi lebih sadar akan risiko keamanan siber dan risiko terhadap privasi data pribadi mereka, tidak hanya dari pelaku kejahatan siber tetapi juga dari organisasi yang memegang data pribadi mereka. 

Baca juga :   Shopee Jadi e-Commerce Juara di 2018

Hasil Microsoft Studi IDC mendapati, masih ada kesenjangan kepercayaan yang cukup besar yang perlu diatasi. Sebagian besar konsumen belum mempercayai organisasi dalam mengelola data mereka.

“Sebagian besar konsumen belum mempercayai organisasi dalam mengelola data mereka. Untuk litu, kami mendorong para pemimpin bisnis untuk lebih memahami faktor-faktor pendorong kepercayaan konsumen dan fokus pada bagaimana membangun kepercayaan dan menjadikannya faktor tersebut sebagai keunggulan kompetitif utama Iayanan digital mereka,” kata Haris menambahkan,” kata Haris Izmee, Presiden Direktur Microsoft Indonesia pada acara workshop Microsoft Studi IDC Rabu (26/6/2019) di Shangri-La Jakarta.

Menurut dia, meski konsumen semakin bergantung pada layanan digital, masih ada kesenjangan kepercayaan yang cukup besar yang perlu diatasi.

“Untuk membangun kerangka kerja terpercaya dalam pengembangan dan penggunaan teknologi secara umum, termasuk Al, pertama-tama kita harus mempertimbangkan dampaknya terhadap individu, bisnis, dan masyarakat. Ini akan membutuhkan pembicaraan lebih lanjut yang melibatkan pemangku kepentingan yang tepat, termasuk pemerintah dan perusahaan teknologi. Dialog-dialog ini perlu didukung oleh tindakan-tindakan lain termasuk membangun kemitraan yang lebih dekat dan memfasilitasi pertukaran pengetahuan yang lebih besar. lni semua adalah langkah-langkah penting yang akan memungkinkan kita bersama-sama membangun fondasi kepercayaan yang seimbang dan menyeluruh bagi seluruh industri,” kata Haris. 

Baca juga :   Grab Gandeng HappyFresh Hadirkan Fitur GrabFresh

Dalam survey yang dilakukan pada 457 konsumen di Indonesia, diteliti tentang lima elemen kepercayaan yaitu privacy, security, reliability, ethics, dan compliance-compliance saat menggunakan layanan digital. 

Studi ini mengungkapkan bahwa konsumen merasa bahwa kelima elemen kepercayaan hampir sama pentingnya bagi mereka. Namun secara khusus, Keamanan (87%), Privasi (86%), dan Etika (85%) muncul sebagai tiga elemen paling penting. Konsumen juga memiliki harapan kepercayaan tertinggi terhadap lembaga jasa keuangan, diikuti oleh Iembaga pendidikan dan organisasi Iayanan kesehatan. 

“Kepercayaan menjadi faktor yang sangat penting bagi organisasi agar berhasil di dunia digital saat ini karena konsumen akan lebih memilih untuk bertransaksi dengan organisasi yang memiliki platform digital yang terpercaya. Ketika persaingan antara layanan digital menjadi lebih intens dan global, advokasi dari mulut ke mulut dapat menjadi pembeda yang kuat bagi organisasi dan peluang bagi sebuah perusahaan untuk lebih merangkul pelanggannya,” papar Meivira Munindra, Head of Operations, IDC Indonesia.

Baca juga :   Usung Konsep City 4.0, Pemprov DKI Gandeng 8 Startup Digital

Sementara, Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia menuturkan bahwa investasi untuk memastikan keamanan, kepercayaan dan transparansi merupakan hal yang esensial. 

“Sejauh ini, kami memahami bahwa semakin besar kami tumbuh, semakin besar pula tanggung jawab kami dalam menempatkan kerangka kerja dan parameter yang tepat terkait keselamatan perjalanan bagi mitra pengemudi, penumpang maupun orang-orang terkasih mereka. Meskipun Grab bertumbuh, keamanan tetap menjadi prioritas utama kami dan kami berkomitmen untuk menggandakan investasi kami dalam segi keselamatan kedepan,” ungkap Ridzki.

FAHRUL ANWAR

Tags: Grab

Related Posts

Jual Beli Emas Online Semakin Marak
Headline

Tiga Langkah untuk Tingkatkan Keterlibatan Perempuan Di Sektor Fintech

14 Agustus 2022
0
TikTok Shop For Your Fashion
Headline

TikTok Shop For Your Fashion Khusus untuk Brand Fashion Lokal Indonesia

14 Agustus 2022
0
Wakatobi
Analyze

6 Tren Pariwisata Pasca-Pandemi dan Peluang Bisnis yang Bisa Ditawarkan

14 Agustus 2022
0
Load More

Berita Terbaru

Jual Beli Emas Online Semakin Marak

Tiga Langkah untuk Tingkatkan Keterlibatan Perempuan Di Sektor Fintech

14 Agustus 2022
0
TikTok Shop For Your Fashion

TikTok Shop For Your Fashion Khusus untuk Brand Fashion Lokal Indonesia

14 Agustus 2022
0
Wakatobi

6 Tren Pariwisata Pasca-Pandemi dan Peluang Bisnis yang Bisa Ditawarkan

14 Agustus 2022
0
Jaringan Data 4G XL Jangkau 450 Kota

Tips Amankan Data Pribadi saat Menggunakan Media Sosial

14 Agustus 2022
0
The Dewi Kintamani

Mau Healing ke Bali? Ini Beberapa Hotel yang Bisa Dipertimbangkan

14 Agustus 2022
0
AKG Games

Mobile Game “Legends of Chronos” Siap Dirilis

13 Agustus 2022
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2022 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version