youngster.id - Pesta diskon dan promo menarik yang ditawarkan lebih dari 200 pelaku e-Commerce di Indonesia dalam rangka Harbolnas 2016 telah usai. Berikut sejumlah catatan penting bagi para pelaku e-Commerce dalam memahami kebutuhan dan harapan konsumen.
Hasil survei ShopBack, mitra resmi Harbolnas 2016 mendapati selama Harbolnas 2016, mayoritas konsumen menyatakan puas terhadap penyelenggaraan tahun ini. Tahun ini, dari tingkat kepuasan level 0 (tidak puas) hingga 10 (sangat puas), sebanyak 22,6% responden yang berasal dari 523 komunitas belanja online yang disurvei menyatakan tingkat kepuasan mereka berada di level 7. Sedikit di bawah persentase tersebut, yaitu 21,8%, menyatakan tingkat kepuasan mereka berada di level 8. Selebihnya, pembagian persentasi terlihat hampir merata di semua tingkatan.
“Tidak tercapainya tingkat kepuasan yang dominan di level 7-10, dan masih munculnya tingkat kepuasan di level menengah serta rendah, didorong oleh persepsi yang terbangun di benak konsumen seusai berbelanja menikmati promo-promo yang ditawarkan,” ungkap Indra Yonathan, Country General Manager ShopBack Indonesia dalam siaran pers, Jumat (16/12/2016) di Jakarta.
Menariknya, berdasarkan survei tersebut juga, 98,40% konsumen belanja online mengatakan mereka akan berbelanja lagi di Harbolnas tahun depan. Karena dari pengalaman berbelanja online sebagian besar konsumen (66,70%) yang berbelanja di Harbolnas tahun ini telah memiliki pengalaman berbelanja online di gelaran yang sama di tahun sebelumnya. Sementara 33,30% konsumen menginformasikan bahwa Harbolnas 2016 merupakan pengalaman berpartisipasi mereka untuk kali pertama.
Penambahan pembelanja baru ini meskipun angkanya tidak mencapai 50%, namun terbilang cukup baik dalam mengonfirmasikan adanya peningkatan minat konsumen terhadap penawaran-penawaran menarik yang disajikan.
Khusus bagi konsumen yang telah memiliki pengalaman dengan Harbolnas di tahun-tahun sebelumnya, 35,30% mengatakan bahwa Harbolnas tahun ini lebih baik dibanding perhelatan tahun sebelumnya. Sebagian lainnya mengatakan Harbolnas 2016 sama saja dengan penyelenggaraan di tahun sebelumnya (35,30%) dan bahkan 29,50% konsumen mengatakan Harbolnas 2016 tidak lebih baik dibandingkan sebelumnya.
“Temuan ini kami harapkan menjadi masukan yang membangun bagi para pelaku e-Commerce peserta Harbolnas 2016 agar pada pesta-pesta promo berikutnya mereka benar-benar berhasil menghadirkan kepuasan optimal bagi pelanggan,” kata Yonathan lagi.
STEVY WIDIA