youngster.id - Untuk meningkatkan inklusi keuangan yang optimal dan terdigitalisasi di Indonesia, OY! Indonesia menjalin kerja sama dengan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) dan Danamon.
Kerja sama ini merupakan langkah strategis yang diambil OY! Indonesia agar dapat menjangkau seluruh kelompok masyarakat untuk mendapatkan akses layanan perbankan (unbanked & underbanked) dengan ekosistem terpadu melalui pengelolaan uang tunai & non-tunai.
Menurut catatan Bank Indonesia, terdapat 97.7 juta atau setara 48% dari total penduduk Indonesia yang berada dalam kelompok unbanked & underbanked. Potensi besar ini terus dieksplor OY! Indonesia sebagai payment aggregator di Indonesia yang memiliki solusi end-to-end pembayaran tunai & non-tunai perusahaan maupun individu.
Jesayas Ferdinandus, Chief Executive Officer of OY! Indonesia mengatakan, upaya OY! untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional dengan menghadirkan solusi keuangan terintegrasi yang mampu mendukung ekonomi Indonesia semakin gencar setelah menerima lisensi pengelolaan uang tunai dari Bank Indonesia.
“OY! Indonesia terus berinovasi dengan menghadirkan solusi transaksi tunai & non-tunai yang aman dan terintegrasi melalui OY! Business. Untuk meningkatkan inklusi dan memperluas literasi keuangan, menggandeng Danamon sebagai mitra strategis dalam mempercepat pertumbuhan bisnis di seluruh kalangan masyarakat, terutama kalangan unbanked & underbanked dengan menghadirkan ekosistem transaksi keuangan tunai & non-tunai terintegrasi. Dengan demikian, kami berharap dapat terus mengoptimalkan efisiensi bisnis dan arus transaksi nasabah di Indonesia,” kata Jesayas, Senin (27/11/2023).
Sejalan dengan tujuan OY! Indonesia untuk meningkatkan inklusi keuangan Indonesia, Bank Danamon mendukung solusi pengelolaan tunai OY! Indonesia dengan menyediakan layanan bank pooling yang memfasilitasi real-time settlement bagi setoran tunai ke dalam OY! Cash Deposit Machine (CDM) menuju rekening nasabah.
Dengan rata-rata Total Payment Volume (TPV) per bulan hingga ratusan miliar rupiah, kerja sama ini telah membantu mempercepat transaksi keuangan pada klien-klien ternama dari OY! seperti FamilyMart, Ninja Xpress, Uniqlo, dan berbagai klien ritel lainnya.
OY! Indonesia juga telah terintegrasi dengan Bank Danamon untuk menyediakan solusi non-tunai seperti layanan Host to Host (H2H) Disbursement, BI-Fast, dan QRIS yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan dana nasabah OY! Indonesia secara cepat, nyaman, dan aman. Melalui integrasi ini, nasabah OY! Indonesia dapat melakukan pembayaran dan menyediakan metode pembayaran digital yang praktis kepada end customer mereka.
“Selama Bulan Fintech Nasional (BFN), Danamon dan OY! Indonesia menjalin kemitraan strategis bersama dengan AFTECH untuk meningkatkan inklusi keuangan masyarakat agar dapat menjalankan transaksi keuangan dengan lancar. Dalam mewujudkan pertumbuhan industri fintech, kami mendukung infrastruktur OY! Indonesia menggunakan Solusi Cash Management Danamon untuk dapat melakukan transaksi dengan cepat dan aman.” ujar Andrew Suhandinata, Transaction Banking Head of Danamon.
STEVY WIDIA
Discussion about this post