Tingkatkan Keamanan, Telkom University Luncurkan Command Center

Peresmian Command Center Telkom University. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Telkom University (Tel-U) meluncurkan Command Center Telkom University. Hal ini untuk meningkatkan keamanan dan kenyaman seluruh sivitas akademika Tel-U yang terdiri dari 30 ribu mahasiswa dan 1.000 dosen dan staff.

Direktur Logistik dan Aset Tel-U Nurwijayadi mengatakan, Tel-U merupakan kampus pertama yang menggunakan fasilitas ini. “Saat ini kami telah install kurang lebih 115 CCTV dari target kami adalah 300 CCTV yang tersebar di seluruh Tel-U mulai dari area outdoor hingga ruang kelas dan ruang dosen.” katanya dalam keterangan pers, Jumat (24/5/2019) di Bandung, Jawa Barat.

Selain monitoring CCTV Nurwijayadi menjelaskan Telkom University (Tel-U) sebagai perguruan tinggi yang memiliki luas 50Ha dengan student body kurang lebih 30 ribu, dimana 7000 diantaranya menetap di asrama dan harus dilakukan pengawasan keamanan 24 jam selama 7 hari. Untuk itu pihak logistic juga telah mengoprasikan 5 Panic Button yang tersebar di beberapa titik di Tel-U, serta call center 24 Jam yang langsung terhubung ke tim Command Center.

“Ada 5 titik Panic Button diantaranya ada di danau Tel-U, Gedung Tokong Nanas, diantara Fakultas Komunikasi dan Bisnis serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Business Center dan Student Center, apabila ada hal yang Urgent civitas akademika cukup menekan panic button dan nanti akan langsung terhubung dengan petugas melalui camera yang terdapat di lokasi panic button selain itu juga bisa menghubungi command center melalui call center 0811 2296 100 bisa whatsapp atau sms,” ungkapnya.

Kedepannya Nurwijayadi menambahkan bahwa Command Center tidak sampai disini, dimana dalam pengembangan nya akan diintegrasikan dengan smart parking guna menghitung dan mendata jumlah kendaraan yang masuk dan keluar di area Telkom University.

“Nanti di Command Center juga akan kami hubungkan dengan Smart Parking yang ada di area Tel-U sehingga apabila ada kendaraan yang salah parkir, lupa untuk mengunci pintu atau bahkan ada lampu kendaraan yang belum di matikan bisa kami hubungi langsung pemilik kendaraan nya,” ucap Nurwijayadi.

Peresemian ini dilakukan oleh Rektor Telkom University Prof Adiwijaya pada acara Media Gathering Telkom University pada 23 Mei 2019  di gedung L. Selain meresmikan Command Center, Rektor juga meresmikan fasilitas baru untuk civitas akademika yakni aplikasi Hallo Rektor yang berbasis web.

Menurut Prof Adiwiijaya, aplikasi ini ditujukan untuk seluruh civitas akademika dimana baik mahasiswa, dosen ataupun staff bisa langsung memberikan aspirasinya baik keluhan, kritik maupun saran.

“Nanti seluruh civitas akademika bisa mengakses melalui SSO dan bisa menyampaikan apapun disana, cukup buka halorektor.telkomuniversity.ac.id nanti login dengan menggunakan SSO, diharapkan dengan adanya aplikasi ini seluruh sivitas akademika punya wadah untuk menuangkan aspirasi nya untuk kita sama-sama membangun Telkom University,” ucapnya.

STEVY WIDIA

Exit mobile version