Tingkatkan Kesadaran Daur Ulang, Coca Cola Kembali Gelar Program Recycle Me

Recycle Me 2022

Peluncuran Program Recycle Me 2022. (Foto: stevywidia/youngster.id)

youngster.id - Indonesia berada di peringkat kedua dunia penghasil sampah plastik ke laut yang mencapai sebesar 187,2 juta ton setelah Cina yang mencapai 262,9 juta ton. Hal ini mendorong banyak pihak untuk terus mengajak masyarakat sadar dan peduli salah satunya lewat program Recycle Me.

Director of Public Affairs, Communications and Sustainability PT Coca-Cola Indonesia Triyono Prijosoesilo mengatakan, melalui program ini pihaknya ingin mendorong lebih banyak orang terlibat dalam kegiatan mendaur ulang botol plastik PET bekas pakai.

“Program Recycle Me pada tahun kedua ini untuk membantu meningkatkan kesadaran akan daur ulang, mulai dari pemahaman akan daur ulang itu sendiri hingga tentang bagaimana proses daur ulang dan dimana daur ulang dapat dilakukan,” kata Triyono dalam jumpa pers, Kamis (20/10/2022).

Pada tahun lalu, inisiatif ini berhasil mengumpulkan lebih dari 220 kilogram botol plastik dari ribuan partisipan yang berjalan selama bulan Oktober dan Desember 2021.

“Kami berharap tahun ini program ini dapat memperoleh hasil yang lebih lagi. Untuk itu, kami memungkinkan konsumen mengirimkan kemasan botol plastik bekas pakai ke sejumlah titik pengumpulan di Jakarta, Tangerang dan Bekasi,” kataTriyono lagi.

Menariknya, Coca Cola memberikan insentif berupa poin rewards hinga senilai Rp 30 ribu, bagi masyarakat yang ikut mengumpulkan, memilah dan mengirimkan botol plastic PET bekas pakai mereka ke pusat pengumpulan melalui situs Waste4Change.

“Kami ingin menunjukkan bahwa botol-botol plastik yang kita gunakan bukanlah sampah tetapi masih memiliki nilai. Selain itu kami ingin memastikan agar botol-botol tersebut terdaur ulang dan mendapatkan kehidupan kedua,” kata Triyono menegaskan.

Pada program Recycle Me ini Coca-Cola kembali bekerja sama dengan Waste4Change serta menggaet Yayasan Mahija Parahita Nusantara sebagai mitra pengumpulan.

Public Affairs, Communications, and Sustainability Director for Indonesia and PNG Coca-Cola Europacific Partners Lucia Karina menambahkan, Yayasan Mahija Parahita Nusantara akan menyediakan delapan collection center untuk menyalurkan botol plastik PET plastik bekas pakai pada program ‘Recycle Me’ ini di mana nantinya semua botol plastik PET yang terkumpul oleh Mahija akan didaur ulang oleh Amandina Bumi Nusantara.

“Kami percaya bahwa pengumpul sampah memainkan peran penting dalam perekonomian lokal serta berkontribusi secara signifikan untuk meningkatkan laju pengumpulan botol plastik PET di Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Managing Director Waste4Change Mohamad Bijaksana Junerosano menegaskan, perusahaan-perusahaan seperti Coca-Cola dapat memainkan peran penting dalam menggunakan kekuatan dan jangkauan merek yang mereka miliki untuk mendorong kesadaran konsumen akan daur ulang dan membantu menginspirasi perubahan perilaku.

“Kami yakin bahwa program Recycle Me tahun ini akan memiliki dampak yang jauh lebih besar dalam mengurangi sampah plastik di Indonesia,” ujarnya.

Program ini telah dimulai pada 20 Oktober – 20 Desember 2022. Konsumen diajak untuk mengirimkan 6 botol plastik PET bekas pakai dari semua produk minuman Coca-Cola ke 8 collection center Mahija Parahita Nusantara yang tersedia di wilayah DKI Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.  Bagi 3.000 konsumen pertama yang berpartisipasi akan mendapatkan subsidi ongkos kirim hingga maksimal Rp30.000. Selain itu, konsumen berkesempatan meraih poin reward yang dapat ditukarkan dengan pulsa telepon, token listrik dan e-wallet senilai maksimal Rp 25.000 di beragam merchant yang tersedia.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version